Ini Dia Tempat Makan di Pekalongan Paling Yahud


Indonesiaku - Jalur Pantura selalu ramai saat musim mudik. Setelah seharian duduk di dalam mobil, Anda bisa mampir beristirahat sambil mencicip makanan enak di Pekalongan.

Setelah melewati Pemalang, kini saatnya Anda memasuki daerah Pekalongan. Kota yang terkenal dengan kerajinan batiknya ini ternyata punya spot tempat makan enak.

Sebut saja, sego megono, nasi uwet hingga kepiting berukuran besar plus bumbu yang gurih. Semuanya bisa Anda nikmati sebelum sampai ke kampung halaman.

Nah, jika sudah sampai ke Pekalongan jangan lupa untuk mampir ke beberapa tempat makan tersohor ini.

1. Sego Rakyat "Mbah Ibah"

Jika melintasi Pekalongan, warung yang satu ini jangan sampai terlewat. Di Warung Makan Sego Rakyat Mbah Ibah, Anda bisa mencicip nasi megono yang menjadi sajian khas Pekalongan. Sudah ada sejak 29 tahun yang lalu, warung ini punya nasi megono yang enak.

Sajian ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan cacahan nangka muda serta parutan kelapa dan bumbu urap. Semakin enak dipadu dengan lauk tempe mendoan, bihun dan cabai rawit.

Kalau mau mampir, warung ini terletak di Taman Sorogenen, Jalan Mawar, Kota Pekalongan. Di hari biasa, warung ini buka sejak pukul 08.00 hingga 02.00 dini hari. Sedangkan kalau Ramadan Anda bisa mampir jam 14.00 sampai 02.00 dini hari.

2. Nasi Uwet H. Zarkasi

Ini jadi salah satu menu unik yang wajib Anda cicip saat berada di Pekalongan. Nasi uwet merupakan nasi yang dipadu dengan olahan daging kambing dengan dipadu aneka rempah serta kuah gurih membuat sajian ini jadi favorit. walaupun berwarna kecokelatan, akan tetapi kuah pada nasi uwet tidak dibuat dengan santan.

Nasi Uwet H. Zarkasi ini adalah yang paling terkenal di Pekalongan. Nasi yang dipadu dengan olahan daging kambing ini sebenarnya adalah nasi megono dengan tambahan cincangan nangka.

Kalau ingin mencoba, langsung saja merapat ke Jalan Sulawesi No. 25 Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat.

3. Garang Asem H.Masduki

Anda termasuk salah satu yang suka dengan sajian garang asem? Mampir saja ke sini. Berbeda dengan garang asem a la Solo, di Pekalongan garang asem disajikan tanpa daun melainkan ditaruh dalam mangkuk. Kuahnya yang berwarna kecokelatan dicampur dengan potongan tomat hijau dan cabai rawit serta daging sapi.

Rasanya gurih segar, semakin enak disajikan bersama dengan nasi megono. Nyam! Kalau mau ke sini, langsung saja datang ke warung Garang Asem H. Masduki di Jalan Jenderal Sudirman No. 169, Pekalongan.

4. RM. Kepiting "Gemes" (Pak Mamo)

Selain di Pemalang, rumah makan yang punya menu jagoan kepiting ini juga memiliki cabang di Pekalongan. Baik di Pemalang ataupun Pekalongan, racikan kepiting Pak Mamo sudah tekenal enak. Ia memiliki kepiting spesial, telur dan super. Selain itu, ada juga kepiting gemes, saus tiram, asam manis, goreng dan rebus.

Ukuran kepiting yang besar selalu jadi pilihan. semakin enak disiram dengan bumbu spesial dan dinikmati bersama dengan nasi hangat serta hidangan seafood lainnya.

Kalau suka dengan seafood, terutama kepiting. Saat di Pekalongan Anda bisa mampir ke Jalan Pantai Sari Pekalongan, Panjang Wetan, Pekalongan Utara. Mampir yuk!

5. SOP Buntut Bu Leman

Mampir ke Pekalongan jangan sampai melewatkan makan enak di sini. Rumah makan sop buntut racikan bu Leman ini sangat enak. Sajian sopnya ada sop buntut kuah, sop buntut goreng, sop iga, sop iga bakar, sop iga goreng hingga sayur asem.

Kuah kaldu yang gurih dengan campuran buntut yang empuk sangat enak disantap saat berbuka atau malam hari. Selain itu, Anda juga bisa mencoba buntut goreng yang dipadu dengan kuah kaldu sop yang gurih sedap, enak dipadu dengan nasi hangat!

Mau mencobanya? Langsung saja mampir ke Jalan Dr. Wahidin No. 91 D, Noyontaan, Pekalongan Timur.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.