Waduh, Jamban Tergenang Rob, Warga Terpaksa BAB Sembarangan


Pekalongan - Banjir rob yang belum juga surut di kelurahan bandengan, kecamatan Pekalongan Utara menjadikan warga setempat kesulitan tidak hanya secara perekonomian, namun juga sulit untuk buang air besar ( BAB ). Pasalnya jamban mereka tergenang air, sehingga mereka terpaksa kalau mau buang hajat mesti numpang ke tetangga yang tidak tergenang atau memakai toilet masjid.

Menurut Darwanto, ketua LPM kelurahan setempat mengatakan, hampir 80% jamban milik warga tidak dapat difungsikan, padahal kita tahu kebutuhan tersebut merupakan sarana vital setiap harinya. Daerah terparah adalah di RW 02 sampai RW 06. Ditambahkan, selama ini bantuan logistik terus mengalir, namun apa ya mau di isi terus tanpa dibuang ?, katanya. Dengan kondisi tersebut akhirnya terpaksa warga buang hajat sembarangan di genangan rob, meski ada sebagian warga lain yang menumpang di toilet masjid maupun toilet tetangga yang masih dapat dipakai.

Warga bandengan berharap, agar pemerintah kota tidak hanya memperhatikan logistik saja namun juga sarana vital untuk warga seperti MCK. Diakui, sebelumnya pernah disediakan satu unit urinior, akan tetapi itu belumlah cukup.Karenanya ia berharap, jika memang APBD Pemkot masih memungkinkan, maka akan lebih baik jika di gunakan untuk pemenuhan MCK. ( Kajenesia )

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.