Social Distancing Istilah Yang Populer Karena Virus Corona


Sudah pernah mendengar atau tahu tentang 'phubbing'? 

Phubbing adalah akronim 'phone-snubbing' istilah untuk menjelaskan tindakan acuh seseorang di dalam sebuah lingkungan, karena lebih fokus pada gadget daripada membangun sebuah percakapan. Kata 'phubbing' pertama kali dicetuskan oleh tim pakar bahasa yang menyusun Direktori McCann dan Macquarie tahun 2012.

Istilah ini mencuat seiring dengan meningkatnya penggunaan gawai akhir-akhir ini. Semua orang cenderung lebih asyik dengan gadgetnya masing-masing, ketimbang memerhatikan lingkungan sekitarnya.

Kebiasaan phubbing jika dibiarkan terus-menerus akan berdampak jelek baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Karena membuat seseorang menjadi antisosial.

Pakar hubungan dari The Hart Centre Australia, Julie Hart menjelaskan bahwa phubbing bisa menimbulkan berbagai faktor dalam hubungan antar individu. Di antaranya, tidak terjadi interaksi dua arah antara individu satu dan lainnya, serta membuat salah satu individu merasa terabaikan.

Dan kini ketika virus Corona merebak dan menjadi permasalahan kesehatan global, WHO organisasi kesehatan internasional itu menginstrusikan kepada  negara-negara yang sudah terjangkit covid-19 termasuk Indonesia agar melakukan social distancing atau pembatasan sosial. Bahkan yang lebih ekstrem lagi, WHO memerintahkan Lockdown.

Apa bedanya Lockdown dan Social Distancing ?

Lanjutkan >>>


Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.