Zero Kasus Covid, RSUD Kajen Pekalongan Mulai Buka Kembali Jam Besuk

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Seiring dengan menurunnya angka kasus Covid di Kabupaten Pekalongan, kini RSUD Kajen mulai membuka kembali jam besuk setelah sebelumnya meniadakan lantaran lonjakan Covid dan penerapan PPKM level 4. Namun demikian ada aturan-aturan yang wajib dipatuhi oleh masyarakat yang hendak melakukan kunjungan terhadap pasien rumah sakit. 

Ketika dihubungi radio Kfm, Sabtu (23/10/2021), Plt Direktur RSUD Kajen, dr.Imam Prasetyo menjelaskan, mulai 1 oktober RSUD Kajen sudah kembali memperbolehkan kunjungan bagi pasien rumah sakit. Adapun untuk jam besuk masih sama seperti sebelumnya yaitu jam 10 pagi sampai 1 siang dan jam 4 sore sampai 9 malam. Ada beberapa aturan yang wajib dipatuhi para pembesuk, diantaranya pembatasan jumlah orang yang masuk ke kamar pasien serta wajib mematuhi protokol kesehatan. 

"Untuk pembesuk tetep menjaga prokes ya, di pintu masuk ada screening dulu, cek suhu dan lain sebagainya. Terus untuk masuknya tidak boleh berombongan, dua dua seperti itu. Nanti kan ada pak satpamnya sama bu satpamnya, nanti kan diatur disitu jadi nanti kan masuknya bergantian. Ya boleh datang bareng-bareng tapi nanti masuknya bertahap seperti itu." 

Menurut dokter Imam, keberadaan jam besuk disisi lain sebetulnya cukup berpengaruh pada perekonomian terutama di sekitaran rumah sakit. Setidaknya dengan banyaknya pembesuk maka akan menghidupkan pedagang atau para pelaku UKM di seputar rumah sakit. Namun sayangnya meski sudah hampir sebulan jam besuk pasien kembali dibuka, akan tetapi animo masyarakat masih biasa-biasa saja. Artinya tidak ada peningkatan jumlah pembesuk yang signifikan. 

"Belum terlalu antusias tapi sudah mulai. Kalau sore ya sekitar 30an pembesuk sudah ada. Kami harapkan ya tambah akeh soale ben rumah sakit tambah hidup. Jajan, parkir, koperasi dan UMKM sekitar rumah sakit kan biar bisa hidup." 

Dokter Imam berpesan, tidak perlu khawatir atau takut ke RSUD Kajen karena pihaknya selalu memprioritaskan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Semua petugasnya telah 100 persen divaksin serta selalu memakai alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan dan lainnya sebagai upaya meminimalisir terjadinya penularan. Selain itu, kini sudah tidak ada lagi pasien covid yang dirawat di RSUD Kajen. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio KFM | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.