Musim Hujan Datang, Kapolres Pekalongan Cek Kelengkapan SAR




KFM PEKALONGAN, KAJEN – Guna memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam penanganan bencana, Polres Pekalongan siapkan sarana dan prasarana Search And Resque (SAR). 


Usai pelaksanaan apel pagi, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, bersama PJU mengecek kelengkapan sarpras SAR, Selasa (18/10).


"Pengecekan ini bertujuan untuk memaksimalkan peralatan SAR yang ada di Polres Pekalongan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu. Dalam menghadapi situasi bencana alam dan evakuasi, dapat dipergunakan secara maksimal," ujarnya.


Dijelaskan, pengecekan yang dilakukan kali ini yakni untuk melihat sejauh mana kesiapsiagaan personil, serta peralatan dinas yang dimiliki dalam menanggulangi terjadinya bencana.


“Dengan kesiapan alat dan personel, diharapkan mampu mendukung kecepatan dalam penanggulangan bencana. Sehingga mampu memberikan bantuan dan penanganan yang maksimal apabila terjadi bencana alam. Namun demikian, kita berharap di Kabupaten Pekalongan tidak terjadi adanya bencana,” harapnya. 




Sementara itu, lanjut Kapolres, mapping daerah rawan bencana juga sudah di buat, sehingga dengan didukung personil dan peralatan, diharapkan saatnya nanti tidak ditemukan hambatan – hambatan yang dapat mengganggu kelancaran tugas kemanusiaan yaitu penanganan bencana.


"Mapping bencana longsor terdapat diwilayah Petungkriyono dan Lebakbarang, sedangkan tanah geser berada di wilayah Kandangserang, sementara itu untuk rawan banjir ada di Sragi dan Siwalan Wonokerto,” jelas Kapolres.


Dalam teknisnya, lanjut Arief, Polres Pekalongan menyiagakan 180 personel dan terbagi menjadi 3 shif yang siap digerakan saat terjadi bencana.



Penulis: Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.