Bupati Pekalongan Siapkan Langkah Strategis Hadapi Virus Corona

Rapat koordinasi bersama seluruh OPD di Kabupaten Pekalongan untuk hadapi Covid-19
KAJEN  –  Virus Corona masih menjadi momok menakutkan lantaran penyebarannya yang cepat dari satu negara ke negara lainnya,kini dengan menyebarnya Novel Corona Virus di Indonesia khususnya di Jawa Tengah,Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mencegah penyebaran Novel Corona Virus ke Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi saat ditemui di Rumah Dinas bupati pada hari Sabtu (14/03/2020) menuturkan pihaknya sudah menindaklanjuti perintah Gubernur.

"Ini kita tindak lanjuti arahan dan instruksi dari bapak gubernur , kita sudah melakukan langkah-langkah praktis dan strategis dalam rangka ikhtiar menanggulangi virus Corona,"ungkapnya.

Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan diantaranya adalah dengan mengadakan rapat koordinasi bersama seluruh OPD untuk memastikan kesiapan seluruh elemen serta sarana dan prasarana untuk menghadapi virus corona.

‘’Pertama tadi kita mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh OPD terkait untuk memastikan bahwa protocol yang terkait dengan kesehatan ,berkait erat dengan bagaimana cara menanggulangi,kemudian apabila terjadi pasien suspek coron dan bisa dipastikan menderita virus corona ,maka langkah-langkahnya sudah kita siapkan, termasuk rumahsakit rujukan regional di Keraton dan itu khusus untuk corona level 1,"katanya.

Selanjutnya,sebagai langkah cepat dan konkret dalam menghadapi virus corona, Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga sudah membuka hotline di PSD 119 untuk pengaduan masyarakat Kabupaten Pekalongan terkait dengan virus corona.

Selain itu,Bupati Mengungkapkan bahwa Pemkab sudah menyediakan langkah-langkah untuk mengawasi lalu-lintas orang,terutama yang datang dari luar negeri dan daerah-daerah yang terkena KLB Corona dan juga memastikan supaya ruang public bisa lebih menjaga kebersihanya.

‘’Seluruh OPD juga  sudah menyiapkan hal-hal yang berkaitan terutama adalah pasar supaya lebih bersih lagi,angkutan umum,sekolah-sekolah,pondok pesantren ,masjid nanti akan ditindaklanjuti, sehingga pola hidup bersih di masyarakat akan segera dikembangkan dengan cara 6 langkah mencuci tangan juga kami sosialisasikan terus-menerus,’’ Jelas bupati Asip Kholbihi.

Untuk memastikan berjalanya langkah-langkah tersebut, bupati juga mengungkapkan akan melindungi tenaga medis yang bekerja dengan sarana dan prasarana , sehingga para tenaga medis dapat bekerja dengan aman dan sudah terlatih.


‘’ Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Pekalongan supaya berdoa,baca sholawat,ikhtiar lain memohon kepada Allah Swt,Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan terhindar dari Virus Corona,’’tandasnya.

Menurutnya,yang paling penting lagi,tidak perlu panik berlebihan menghadapi virus corona dan untuk menyikapi terjadinya hal itu, Pemkab Pekalongan akan melakukan siaran-siaran pers yang resmi terkait apa yang akan dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi virus corona.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.