Corona Memicu Kenaikan Jumlah Kemiskinan

Ketua Dewan minta ada skema penanggulangan dampak ekonomi

Kajen - Merebaknya virus corona berdampak cukup komplek bagi masyarakat, diantaranya adalah dampak sosial ekonomi. Untuk itu Pemkab Pekalongan perlu mendata orang miskin baru di Kota Santri. Skema jaring pengaman sosial harus segera dilakukan dengan anggaran dari pusat, provinsi, dan daerah, termasuk optimalisasi dana desa.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun, dalam rakor terbatas pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tingkat Kabupaten Pekalongan di Rumdin Bupati, Selasa (31/3/2020), menyatakan, Bupati perlu memikirkan pengamanan akan hal itu, sebab ada masyarakat yang susah akibat wabah corona sehingga timbul kemiskinan baru.

"Mereka tidak bisa bekerja. Ini harus dipikirkan. Jaminan sosial atau bantuan sosial nantinya juga harus tepat sasaran. Ada pemilahan yang jelas, supaya tidak terjadi permasalahan baru," ungkap Hindun.

DPRD siap memberi dukungan adanya realokasi anggaran untuk penanganan wabah Covid-19 mendahului perubahan APBD. Kegiatan yang bisa ditunda, dialihkan ke penanganan corona.(NK)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.