Lutung Jawa Ditemukan Warga Dalam Kondisi Kurus Dan Terluka


KAJEN -  Seekor hewan yang dilindungi,Lutung Jawa ditemukan warga Desa Sumur Jomblangbogo, Kecamatan Bojong,dalam keadaan kelaparan dan kurus,Jum'at (05/06/2020).

Pemuda Desa Sumur Jomblangbogo yang melihat lutung jawa masuk ke pemukiman warga,langsung menangkap dan mengamankan lutung tersebut.

Salah seorang pemuda desa setempat,Edi Purnomo (27) mengatakan lutung tersebut kemungkinan peliharaan orang karena lutung jawa tersebut sangat nurut.

"Hari Jumat (5/6/2020) baru diamankan. Kemungkinan hewan ini milik warga yang turun ke desa. Karena, saat diamankan hewan tersebut sangat nurut sekali.Kalau liar, hewan ini sangat susah sekali diamankan," ungkapnya.

Dikatakan,saat ditemukan lutung jawa tersebut dalam keadaan yang sangat mengenaskan,lantaran badan kurus dan ada luka dipunggung.

"Saat ditemukan sangat mengenaskan sekali, bandanya kurus, ada luka dipunggung, dan sangat kelaparan sekali. Kemungkinan, dari peliharaan yang lepas,"katanya.

Menurutnya,saat ini luka lutung jawa sudah sembuh dan badannya agak gemukkan,karena selalu rutin diberi makan.

"Sudah 6 hari saya kasih makan dan sekarang lutung sudah gemuk. Saya kasih buah yang ada di kebun seperti pepaya, pisang, dan nasi," tuturnya.

Disebutkan,pihaknya sudah lapor ke desa dengan adanya penemuan lutung jawa tersebut,namun dari pihak desa meminta ia merawatnya sambil menunggu dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.

"Dari desa memerintahkan untuk dirawat dulu lukanya biar sembuh,saya juga sudah menghubungi BKSDA tapi belum ada konfirmasi," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Edi,lutung masuk ke desa baru pertama kali terjadi sehingga menjadi tontonan anak-anak. 

"Hutan lindung jaraknya sangat jauh dari desa,sekitar 20 kilometer dan kalau hutan produksi penduduk sekitar 5 kilometer,"katanya.

Sementara itu,Rifki Andriansyah (11) pelajar SDN 2 Sumur Jomblangbogo, mengaku baru pertama kali melihat hewan lutung jawa.

"Sebelumnya lihat hewan lutung ini di buku mata pelajaran sekolah. Setelah lihat aslinya, ternyata hewannya lucu," katanya.

Adapun,Babinsa Desa Sumur Jomblangbogo Serda Dalijo menuturkan pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada lutung yang diamankan oleh warga.

"Adanya penemuan ini, kami juga mensosialisasikan kepada warga sekitar bahwa hewan ini merupakan hewan yang dilindungi negara. Agar generasi kedepan bisa mengetahui hewan tersebut,"tandasnya.

Terpisah, Sartana Kasie 2 BKSDA Jateng saat dihubungi awak media mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti informasi tersebut untuk memastikan secepatnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.