Deteksi Dini Bencana,EWS Dipasang



KANDANGSERANG - Guna mendeteksi sedini mungkin adanya bencana tanah gerak.Pemkab Pekalongan akan memasang early warning system (EWS) di Desa Bodas Kecamatan Kandangserang Kabupaten pekalongan,hal itu lantaran di desa tersebut kerap kali terjadi bencana tanah gerak.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pekalongan,KH.Asip Kholbihi kepada awak media,Rabu (23/12/2020).

Hal itu dilakukan pasca terjadinya bencana tanah gerak di Desa Bodas, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

"Insyaallah pada tahun 2021, EWS akan dipasang di Bodas. EWS ini untuk mendeteksi dini adanya bencana tanah gerak atau longsor yang terjadi di wilayah yang rawan bencana tersebut,"ungkapnya.

 Menurutnya ada 4 kecamatan yang rawan terjadi bencana tanah gerak hingga longsor yakni di  kecamatan yakni Kecamatan Kandangserang, Kecamatan Petungkriyono, Kecamatan Paninggaran dan Lebakbarang. 


"Tapi, diutamakan yang akan dipasang EWS dahulu yaitu di Desa Bodas.Apalagi ini saat ini sudah memasuki bulan Desember, biasanya curah hujan sangat tinggi sekali,"terangnya.


Oleh karena itu,pihaknya meminta semua aparatur terkait harus bersinergi untuk mewaspadai bencana-bencana alam yang kerap datang dimusim penghujan.


"Saya meminta kepada seluruh aparatur pemerintah untuk harus bersinergi untuk mewaspadai hal tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Rahardjo menuturkan, pemasangan EWS rencananya awal tahun 2021 dan saat ini masih proses survei lokasi yang akan menjadi tempat pemasangan.

"Insyaallah bulan Januari 2021 akan dipasang EWS, diutamakan di Desa Bodas dahulu,"pungkasnya.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.