Desa Digital Upaya Meningkatkan Potensi Lokal di Era Milenial

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan mendorong terwujudnya Desa Digital dan Desa Wisata sebagai upaya menjawab tantangan kemajuan teknologi serta dalam rangka untuk mempromosikan potensi-potensi di setiap desa yang ada di Kota Santri. Untuk mewujudkan hal itu, langkah awalnya adalah dengan melakukan sosialisasi terhadap para Camat, Kepala Desa, BPD, Pengelola Bumdes, Kamis (12/08/2021) di Aula Lt 1 Setda Kabupaten Pekalongan. 

Dalam sambutannya, Bupati Fadia Arafiq mengatakan, penerapan desa digital ini sejalan dengan peraturan menteri keuangan tentang pengelolaan dana desa dan peraturan menteri desa Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021, diarahkan untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. 

"Ini adalah mimpi yang harus kita wujudkan di Kabupaten Pekalongan. Saya sangat mendukung dan saya harap dari sistem informasi desa yang sudah kita punya ini nanti bisa disinergikan dengan sistem yang akan dibangun nanti. Kalau ada beberapa desa yang saat ini masih tidak ada signal/blank spot, nanti mudah-mudahan tidak ada lagi." 

Menurut Bupati, Jika semua desa sudah berbasis digital maka akan semakin mudah mengembangkan potensi desa yang ada di Kabupaten Pekalongan baik itu UMKM nya, Bumdes, serta potensi wisatanya. Selain itu melalui sistem digital ini nantinya masyarakat bisa mengakses informasi dengan dengan mudah, dari mulai informasi seputar layanan publik seperti rumah sakit hingga informasi soal penggunaan dana desa. 

Ditambahkan oleh Kepala Dinas PMD P3A PPKB, Subagyo, harapan yang paling mendasar terhadap desa digital ini adalah penyetaraan pola kehidupan berbasis digital masyarakat desa dan masyarakat kota, supaya tidak ada lagi kesenjangan gaya hidup tradisional dan modern sehingga keinginan masyarakat desa untuk merantau ke kota dapat terhapus atau minimal berkurang, agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan pariwisata. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.