3 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Jadi Sasaran Vaksinasi Badan Intelijen Daerah Jateng

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Pola layanan vaksinasi door to door atau jemput bola menjadi cara efektif dalam upaya percepatan vaksinasi. Untuk itulah Badan Intelijen Daerah Jawa Tengah ( Binda Jateng ) melakukan vaksinasi door to door di enam Kabupaten di Jateng, dan salah satunya adalah Kabupaten Pekalongan, Rabu (15/12/2021). 

Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto menjelaskan, Vaksinasi masyarakat secara door to door hari ini diselenggarakan di 14 lokasi di 6 Kabupaten. Untuk Kabupaten Banyumas dilaksanakan di Desa Cilongok Kecamatan Cilongok, Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang, di Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan di Desa Tribuana Kecamatan Punggelan, Desa Merden Kecamatan Purwonegoro, Desa Gemuruh Kecamatan Bawang. 

"Sedangkan untuk vaksinasi di Kabupaten Pekalongan diselenggarakan di Desa /Kec Karanganyar, Desa Wonorejo Kecmatan Kajen, Watusalam Kecamatan Buaran." 

Kemudian di Kabupaten Batang dilaksanakan di Desa Pacet Kecamatan Reban, Desa Toso Bandar dan dua lokasi di Desa Tambak Brokoh Kecamatan Wonotunggal. Sementara di Kabupaten Wonogiri dilaksanakan di Kecamatan Ngadirojo dan Kabupaten Pati dilaksanakan di Desa Gesengan Kecamatan Cluwak. 

Menurut Sondi Siswanto, perkembangan capaian vaksinasi di Jawa Tengah hingga tanggal 14 Desember menunjukan progres yang sangat baik yaitu sebesar 74,32 %. 

"Sementara itu capaian vaksinasi dosis 1 dari yang terendah untuk pelaksanaan hari ini, Kabupaten Batang baru 63,01%, Pekalongan 65,81%, kemudian Pati 67,16%, Banjarnegara 67,49%, Kabupaten Banyumas sudah mencapai 75,46%, dan Wonogiri sangat baik sebesar 76,83%." 

Lebih lanjut dikatakan, sesuai arahan Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, bahwa vaksinasi perlu digencarkan jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, dalam rangka mendukung program pemerintah guna percepatan herd immunity. Untuk itulah Binda Jateng melakukan gerakan masif pelaksanaan vaksinasi door to door ini. 

"Diharapkan dapat membantu percepatan vaksinasi terutama untuk daerah yang belum mencapai target 70% seperti Kabupaten Pekalongan, Batang, Banjarnegara dan Pati. Sementara untuk wilayah yang telah melampaui target, dilaksanakannya vaksinasi door to door efektif dalam rangka menyisir masyarakat yang tidak mampu mengakses sentra vaksinasi terutama kelompok lansia dan difabel. Secara umum untuk lansia capaian di jateng sebesar 67,01%." 

Upaya percepatan vaksinasi guna membangun herd imunnity masyarakat memang akan efektif jika didukung oleh semua pihak. Terkait hal itu, Binda jateng berterima kasih kepada segenap stakeholder yang telah turut serta membantu terselenggaranya vaksinasi sehingga berjalan lancar. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.