Desa lain Perlu Mencontoh Inovasi Desa Paninggaran

KFM PEKALONGAN, PANINGGARAN - Desa Paninggaran, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan patut dijadikan sebagai contoh dalam upaya mendorong masyarakatnya agar hidup lebih sehat. Di Desa tersebut kini telah berdiri Poliklinik Desa. Hanya saja untuk aktifitasnya sementara waktu cuma difungsikan sebagai Promotif (kampanye kesehatan) dan Preventif ( pencegahan penyakit ). 

Kepala Desa Paninggaran, Rusdiyono mengatakan, poliklinik ini memang belum untuk pengobatan. Karena untuk mencapai ke sana masih butuh perizinan panjang dari dinas terkait. Dan pihaknya belum merencanakan sejauh itu karena visi awal pendirian poliklinik tersebut memang untuk kampanye kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat. 

"Kami juga sudah punya seorang bidan desa dan perawat untuk poliklinik ini. Kami buka 24 jam. Poliklinik ini bisa menjadi kepanjangan tangan Pemda untuk sosialiasi program - program kesehatan ke tingkat desa," ucapnya. 

Selain itu, fasilitas di poliklinik Desa Paninggaran ini cukup lengkap. Ruangannya representatif, disediakan kursi tunggu dan toilet serta lokasinya pun tepat di pinggir jalan utama Paninggaran.
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq yang hadir meresmikan poliklinik tersebut sangat mengapresiaasi dan mengaku kagum dengan inisiatif Pemerintah Desa Paninggaran karena membangun poliklinik tersebut. Bahkan dalam sambutannya Bupati mengatakan, jika desa lain harusnya meniru langkah Pemdes Paninggaran. 

"Saya lihat luar biasa sekali di level desa punya poliklinik begini. Saya minta ini buka setiap hari," ungkapnya. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.