Polres Pekalongan Buka Vaksinasi Drive Thru di Jalur Pantura

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Polres Pekalongan kembali membuat inovasi dalam rangka percepatan vaksinasi. Adapun inovasi yang dilakukan kali ini adalah dengan membuat layanan vaksinasi Drive Thru yang rencananya akan berlokasi di kawasan Internasional Batilk Center (IBC) yang terletak di jalur Pantura Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam inovasi ini, Polres akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat. 

Ketika dihubungi Radio Kfm, Senin (13/12/2021), Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria menjelaskan, layanan vakasinasi Drive Thru di jalur Pantura Wiradesa ini sasarannya adalah para pemudik yang belum melakukan vaksin atau sudah tervaksin namun baru dosis satu. Gambaran sekilas vaksinasi Drive Thru ini, para pemudik tidak harus turun dari mobil saat akan divaksin, karena petugas melakukan vaksinasi didalam mobil. Adapun syarat, cukup menunjukan KTP atau kartu vaksin bagi yang telah mendapatkan dosis satu. 

"Khususnya di jalur Pantura. Jadi kan kita menghadapi nataru, natal dan tahun baru kita mengadakan disitu untuk lebih memacu terhadap masyarakat yang mudik belum melakukan vaksin, itu sasaran utamanya, dan kita lakukan di IBC. Dengan Vaksin Drive Thru ini akan lebih bisa menjangkau yang bersangkutan untuk mau bervaksin karena diberikan kemudahan, petugas yang mendatangi kendaraan." 

Menurut Kapolres, rencana vaksin drive thru ini untuk konsep dan alur secara umum sudah dibuat, hanya saja masih perlu dimatangkan untuk kemudian disepakati bersama.Targetnya dalam minggu ini sudah mulai dapat dilakukan. untuk itu dalam beberapa hari kedepan akan dilakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak yang nantinya akan terlibat. Adapun vaksin drive thru di IBC akan menjadi semacam pilot project, apabila respon dan hasilnya baik, maka tidak menutup kemungkinan akan dibuka dititik-titik lainnya. 

"Ya kita laksanakan satu titik dulu. Apabila itu efektif dan sangat banyak peminatnya maka akan kita buka ditempat lain. Sementara fokus satu titilk dulu di Pantura karena kan lalu lintas padat kemudian jumlah penduduk di Kecamatan Wiradesa juga padat sementara capaian vaksinasinya juga belum maksimal. Rencana nanti sampai dengan akhir Desember atau awal Januari 2022." 

Dikatakan oleh Kapolres, nantinya pada vaksin Drive Thru ini akan disiapkan beberapa jenis varian vaksin sehingga bagi masyarakat yang sebelumnya telah vaksin dosis satu, maka di vaksin Drive Thru dapat menyesuaikan jenis vaksin yang digunakan. Namun untuk teknis detail terkait hal itu, masih akan dikoordinasikan lebih lanjut. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.