Vaksinasi Berhadiah Terbukti Efektif Dongkrak Target Capaian

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Vaksinasi dengan iming-iming undian berhadiah dinilai cukup efektif dalam upaya meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat. Di Kecamatan Kajen yang sebelumnya sempat melambat dalam capaian vaksinasi, namun dengan adanya vaksinasi berhadiah menjadikan capaian target vaksinasi naik cukup signifikan, sehingga rencananya inovasi ini akan dilanjutkan sebagai upaya percepatan target capaian vaksinasi di Kabupaten Pekalongan. 

Camat Kajen, Agus Siswanto, kepada sejumlah awak media, Jumat (10/12/2021) mengatakan, Kecamatan Kajen merupakan wilayah yang paling banyak jumlah target sasaran vaksinnya dibandingkan 18 kecamatan lainnya. Jumlah sasaran vaksin di Kecamatan Kajen sekitar 56 ribu dan pemerintah daerah mentargetkan setidaknya 50 persen dari sasaran bisa terpenuhi. Karena itulah kemudian pihaknya membuat terobosan vaksinasi berhadiah dari tanggal 10 Dovember hingga 9 Desember sebagai cara untuk meningkatkan minat warga datang ke tempat vaksinasi, dan hasilnya sangat menggembirakan. 

"Jadi tanggal 10 November sampai 9 Desember kita mentargetkan 10 ribu tapi alhamdulillah ini melebihi target sampai 14.600an, meskipun prosentase yang kita vaksin sudah cukup tinggi tapi ternyata animo masyarakat untuk mendatangi tempat vaksin cukup baik juga karena ada vaksin berhadiah ini. Capain vaksinasi sekarang di Kecamatan Kajen sekitar 75 - 76 persen dari total 56an ribu sasaran." 

Dijelaskan oleh Agus, selama digelar vaksinasi berhadiah ini untuk wilayah Kecamatan Kajen telah memvaksin masyarakat 14.600 orang dengan rincian, untuk dosis satu sebanyak 4.311 sedangkan dosis dua sejumlah sekitar 10.300an orang. Dan melihat animo warga yang baik ini maka kedepan pihaknya akan mencari inovasi-inovasi lain atau melanjutkan pola yang telah ada supaya capaian vaksinasi di Kecamatan Kajen dapat betul-betul maksimal. 

"Selesai program ini nanti kita akan cari upaya-upaya lain yang bisa menggugah masyarakat untuk tetap mau, bersedia mendatangi tempat vaksin. Karena peningkatannya memang cukup signifikan. Selain itu juga karena adanya himbauan dari Ibu Bupati, itu cukup membantu dalam menggerakan, memobilisasi masyarakat mendatangi tempat vaksin." 

Sementara itu asisten I bidang pemerintahan, Toto Budi Mulyanto menambahkan, bahwa program yang digagas oleh kecamatan Kajen dalam upaya percepatan vaksinasi memang bisa dikatakan sukses. Bahkan akhirnya banyak tempat-tempat lain yang mengadopsi program serupa. Untuk itulah ia secara pribadi dan mewakili pemerintah daerah manyampaikan terima kasih atas upaya yang ditempuh Kecamatan Kajen dalam memberikan kontiribusi capaian vaksinasi sehingga kini Kabupaten Pekalongan berada di level dua PPKM. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103,1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.