Jaringan Pipa Air PDAM Tirta Kajen Hanyut Karena Banjir di Sungai Siangkreng

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Transmisi pipa air PDAM Tirta Kajen di Desa Gutomo, kecamatan Karanganyar hanyut terbawa arus air lantaran terjadi banjir di Sungai Siangkreng, (26/1/2022). Akibatnya, sumber air dari Sidosukma terputus sehingga beberapa wilayah seperti Kajen, Karanganyar dan Wonopringgo mengalami gangguan pasokan air. 

Sebagai BUMD yang mengedepankan pelayanan terbaik bagi pelanggan, PDAM Kajen bertindak cepat, berupaya semaksimal mungkin supaya distribusi ke pelanggan bisa kembali pulih. Upaya yang dilakukan adalah dengan membuat emergency alternatif sumber. 

"Transmisi kita yang mengambil sumber dari instalasi pengolahan banyak kena dampak daripada banjir itu, akibatnya kita mati total beberapa waktu kemarin karena pipa-pipa kita banyak yang hanyut, yang hilang juga. Lalu langkah yang kita lakukan, mencari alternatif sumber secepat mungkin untuk bisa memberikan pelayanan," ucap Derektur PDAM Tirta Kajen, Nur Wachid, saat ditemui diruang kerjanya, (31/1/2022). 

Seluruh karyawan PDAM dikerahkan untuk mengevakuasi pipa-pipa yang hanyut terbawa banjir tersebut dan setelah itu segera mencari sumber alternatif di wilayah Sidosukma, sehingga hanya dalam kurun waktu tiga hari atau tepatnya Sabtu malam (29/1/2022) distribusi air bisa pulih kembali.
"Seluruh karyawan hari sabtu melakukan pengambilan pipa-pipa yang hanyut kemudian kita tata ulang dan kita bisa mendapatkan debit yang bisa mendekati debit awal di wilayah Sidosukma. Dan Sidosukma ini adalah jaringan utama, jadi ibarat tubuh, Sidosukma ini jantungnya." 

Dikatakan oleh Nur Wachid, pipa transmisi PDAM yang hanyut tersebut merupakan jaringan untuk mengambil air dari sumber air dari mata air dan air permukaan. Namun karena kondisi darurat, untuk sementara yang digunakan adalah sumber dari air permukaan. Meski demikian para pelanggan tidak perlu kuatir karena walaupun menggunakan sumber air permukaan sungai akan tetapi telah diolah sehingga sangat layak untuk digunakan. 

Nur Wachid juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan PDAM jika beberapa hari lalu sempat terhambat distribusi airnya. Ia memastikan bahwa pihak PDAM Tirta Kajen akan segera melakukan penyempurnaan pemulihan jaringan dari yang masih sementara akan segera dibuat permanen. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

1 komentar:

  1. Top Videos on YouTube - YouTube, Bots & Videos
    Top Videos on YouTube · Videos on YouTube · Videos on YouTube · Videos on YouTube · Videos on YouTube · Videos convert youtube to mp3 on YouTube · Videos on YouTube · Videos on YouTube · Videos on YouTube

    BalasHapus

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.