Fly Over Segera Dibangun di Perlintasan KA Waru Wiradesa

Posisi perlintasan kereta api melintang dan hampir sejajar dengan jalan raya, sehingga banyak kecelakaan

WIRADESA -  Perlintasan kereta api tak sebidang di Desa Waru Lor, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, kerap memakan korban jiwa. Angka kecelakaan lalu lintas di perlintasan ini cukup tinggi. Untuk itu, Pemkab Pekalongan mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah agar di perlintasan itu dibangun fly over.

Usulan itu disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam Musrenbangwil se-Eks Karesidenan Pekalongan di Kabupaten Batang,tahun lalu yakni Rabu (13/3/2019).

 "Memang banyak terjadi kecelakaan di perlintasan kereta api Waru Lor, makanya pemkab mengusulkan agar dibangun fly over,"kata Bupati, usai kegiatan Musrenbangwil.

Berkat usulan itu,Pemerintah Pusat kini telah mengalokasikan anggaran Rp 100 miliar untuk pembangunan perlintasan tak sebidang kereta api Waru ruas Wiradesa - Kalibening, Kabupaten Pekalongan. 

Hal itu dibenarkan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar, kemarin. Menurutnya, alokasi anggaran sebesar Rp 100 miliar itu sudah masuk dalam Perpres Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi di Kawasan Petanglong (Kabupaten Pekalongan, Batang, dan Kota Pekalongan). 

"Ada 11 kegiatan di Kabupaten Pekalongan pada Perpres itu. Salah satunya pembangunan perlintaaan tak sebidang kereta api Waru ruas Wiradesa-Kalibening senilai Rp 100 miliar," terang dia. 

Menurutnya, studi kelayakan dan DED dimulai tahun 2019 dan selesai tahun 2020. Pengadaan lahan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2021.Sedangkan untuk pelaksanaan pembangunannya oleh Pusat pada 2022.


Sementara itu terpisah, Kepala Dishub Wahyu Kuncoro, menuturkan Pemerintah Pusat rencananya akan membangun fly over di perlintasan tak sebidang kereta api Waru dengan anggaran Rp 100 miliar pada tahun 2022 atau 2023. 

"Tahun ini pada tahapan penyusunan DED. Tahun 2021 proses pembebasan lahan untuk fly overnya,"tandasnya. (Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.