Satu Keluarga Tinggal Di Kandang Sapi

Kondisi rumah Chorib warga Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran

PANINGGARAN - Sepasang suami istri Chorib (40) - Koyi (42) warga kurang mampu Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran, terpaksa menempati kandang sapi sejak tiga tahun lalu. 

Chorib beserta istri dan empat anaknya tinggal di kandang sapi dengan luas 3 x 4 meter. Anak Chorib masing masing berusia 25 tahun, 18 tahun, 17 tahun dan satu masih balita.

Chorib menceritakan, sebelum menempati kandang sapi mereka pernah tinggal di Wonosobo, namun karena kondisi ekonomi terpuruk iapun terpaksa kembali ke kampung halamannya. Sementara sejak tinggal di Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran, Chorib bekerja sebagai buruh serabutan. 

Dengan tempat tinggal yang cukup memprihatinkan, mereka juga memelihara kelinci, ayam yang tinggal dalam satu rumah. 

"Saya sudah tiga tahun ini tinggal disini (kandangsapi) bersama keluarga, " terang Chorib. 

Diungkapkan, Ia terpaksa tinggal di kandang sapi karena tidak memiliki rumah tinggal. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari, dengan menjadi buruh serabutan. 

"Kalau ada warga yang nyuruh baru saya berangkat, kalau tidak ya paling cari kayu bakar, " jelasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Lumeneng Kecamatan  Paninggaran, Turmudi membenarkan ada warganya yang tinggal di kandang sapi. Menurutnya, Chorib tinggal bersama keluarganya yang berjumlah lima orang sejak tiga tahun lalu karena usai pulang dari Wonosobo tidak memiliki rumah. 

"Mereka tinggal di Kandang Sapi ukuran 3x 4 meter bersama keluarganya, " jelas Turmudi. 

Dikatakan, Pemerintah Desa sudah berusaha mencarikan solusi supaya mereka memiliki tempat tinggal yang layak. Adapun bantuan yang sudah mereka dapat adalah PKH. 

"Ya terus terang keluarga Chorib butuh uluran tangan para dermawan, sebab rumah yang ditempati kurang layak, " pungkasnya. (Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.