UMKM Harus Berusaha Maksimal Agar Usaha Meningkat


KAJEN - UMKM jangan hanya selalu menunggu bantuan,namun juga harus berusaha semaksimal mungkin agar usahanya bisa meningkat.Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Tertib Niaga,Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga,Kementerian Perdagangan Republik Indonesia,Sihard Hadjopan Pohan saat berkunjung ke UMKM Center Kabupaten Pekalongan di Kecamatan Wonopringgo,Sabtu kemarin (18/7/2020). 

"Jadi, UMKM ini jangan hanya selalu menunggu bantuan, namun juga harus berusaha semaksimal mungkin bisa meningkatkan usahanya,"ungkapnya.

Selain itu,hadir pula perwakilan dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Nina Mora selaku Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi.Kehadirannya keduanya di UMKM Center juga didampingi anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra dan Shinanta,serta pejabat Kota Santri yang menangani soal UMKM.


"Semua Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di sejumlah daerah diharapkan bisa meningkat. Paling tidak, usaha yang mereka galang selama ini bisa merubah status mereka. Misalkan dari yang semula pengusaha mikro, berkembang menjadi kecil, lalu kecil menjadi menengah dan seterusnya. Dengan adanya peningkatan seperti ini, para pelaku UMKM dapat menunjukkan apabila yang telah dilakukannya berkembang dan meningkat,"ujarnya Sihard Hadjopan Pohan.

Dengan kedatangannya ke kawasan UMKM di wilayah Kabupaten Pekalongan, harapannya pelaku UMKM menjadi termotivasi. 

"Tentunya saya dan rekan di Kementrian Perdagangan RI juga tidak berpangku tangan atau membiarkan bekembang sendirian. Kami akan berusaha membantu untuk mempromosikan keberadaan UMKM supaya bisa mendapatkan perhatian dari pemrintah daerah maupun instansi lainnya,"terangnya.

Dalam kunjungan di UMKM Center,kedua pejabat Kementrian Perdagangan dan tamu undangan lainnya berkesempatan mencicipi sejumlah makanan di lokasi kuliner.Kemudian mereka juga berkeliling ke sejumlah kios mulai dari kopi hingga produk lokal yang dijual di kawasan tersebut.

Sementara itu, Candra Saputra mengatakan pejabat dari Kementrian Perdagangan RI memang sengaja diundang supaya melihat lokasi UMKM Center yang belum lama ini diresmikan oleh Bupati Pekalongan.


"Harapannya, dengan melihat langsung kondisi pengusaha mikro, kecil, dan menengah, agar mereka bisa mempromosikan produk-produk hasil dari masyarakat Kabupaten Pekalongan,"tuturnya.

Dengan adaya kunjungan tersebut, maka perwakilan dari Dirjen Kementrian Perdagangan RI dapat mengetahui kondisi riil secara langsung UMKM Center di Kota Santri. 

''Potensi dan produk lokal di sini cukup banyak sehingga sempat membuat tamu kita agak terkejut. Selain jumlahnya banyak, kwalitasnya juga bagus bagus,''tandasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.