Kampus 2 IAIN Segera Miliki Masjid


KAJEN – Ground Breaking masjid Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pekalongan dibangun guna melengkapi sarana penunjang peribadatan dan tempat kajian keislaman di kampus, sekaligus menjadi tempat interaksi sosial kemasyarakatan, budaya dan politik. Bertempat di Kampus 2 IAIN Pekalongan, Rowolaku Kecamatan Kajen, Kamis (13/08/2020).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi SH.,M.Si beserta Asisten I serta Kepala Dinas DPU Taru, mantan Bupati Pekalongan Dr. Siti Qomariyah, KH Muhammadun Raden Jundi (Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pekalongan), KH Muslich, KH Rozikun Daman (Ketua MUI), KH Saeful Bahri, Kepala Kemenag, forkompimda, serta Ikatan keluarga alumni dan paguyuban orang tua mahasiswa.

Dalam sambutannya Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan, bahwa pihaknya sangat serius membangun perguruan tinggi di Kabupaten Pekalongan.

“Karena fungsi pemerintah hanya 2, yakni melakukan fasilitasi dan regulasi,” kata Asip. 

Dijelaskan Bupati, dari hal yang telah difasilitasi dan regulasi lahirlah Institut Teknologi Sains NU (ITSNU), kemudian Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP).

“Kami juga menginisiasi berdirinya Universitas Islam Diponegoro (UNDIP) di Kajen. Program PSDKU sudah berdiri dan sedang dalam pembangunan kampus I. Sementara Kampus II akan didirikan di Kesesi. Spesifikasinya adalah laboratorium pengembangan budidaya ternak domba dan sapi, kerjasama triplehelic antara  Pemkab, UNDIP dan investor,” jelas Asip.

Selain itu pihaknya juga mendirikan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kajen yang sekarang sudah ditrasnformasi menjadi Politeknik Negeri  Kajen. 

“Secara lebih spesifik lagi kami juga menfasilitasi dan regulasi terhadap perpindahan Akademi Analis Kesehatan yang dulu ada di kota,” ungkapnya.

Menurutnya hal tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pemkab selama 4 tahun dengan dukungan para ulama, kiai, juga seluruh masyarakat. Sehingga dari zero perguruan tinggi sekarang Kabupaten Pekalongan bisa menghadirkan 8 perguruan tinggi dengan aspek fasilitasi dan regulasinya yang  jelas.

“Karena saya sadar kabupaten Pekalongan tidak dikenal sebagai kabupaten yang punya perguruan tinggi. Pemerintah harus menjadi garda terdepan dan Alhamdulilah ikhtiar ini berhasil,” tambahnya.  

Dikatakan pula pemerintah akan memberikan bantuan untuk pembangunan masjid IAIN karena  membangun sarana ibadah merupakan hal yang sangat vital bagi perguruan tinggi IAIN tersebut. 

“ InsyaAllah nanti akan kita anggarkan juga di anggaran berikutnya karena ini bagian penting dari proses fasilitasi dan regulasi pemkab terhadap berdirinya perguruan tinggi di Kabupaten Pekalongan,” terangnya.

Lebih lanjut bupati  berharap apa yang didirikan dan dikembangkan di kabupaten Pekalongan semata-mata dipersembahkan untuk memakmurkan masyarakat kabupaten Pekalongan. 

“ Potret kemakmuran ini semakin bisa kita lihat terutama dari indikator makro ekonomi. Angka kemiskinan kita dulu adalah 12,98. Sebelum covid turun menjadi single digit 9,71. Tingkat pertumbuhan ekonomi kita sebelum covid  juga baik, diatas rata-rata nasional dan provinsi. Kita tumbuh mendekati 6, meninggalkan provinsi dan nasional,” pungkasnya. (Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.