BUMDes Karangjati Jadi BUMDes Andalan



KAJEN - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Karangjati Kecamatan Wiradesa membentuk Pertadesa,yakni unit usaha yang menyediakan bahan bakar kendaran bermotor,seperti pertalit dll.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pekalongan saat memberikan sambutan dalam acara launching dan peresmian Pertadesa di Desa Karangjati Kecamatan Wiradesa,Senin kemarin (14/09/2020).

"Ini memudahkan masyarakat untuk membeli atau mendapatkan bahan bakar kendaraan bermotor,secara ekonomi desa juga diuntungkan karena untung dari BUMDes ada sharing profit dengan desa,inilah ketika Dana Desa dikelola dengan baik pasti ujungnya mendatangkan kemaslahatan atau kesejahteraan untuk masyarakat,"ungkap Bupati.

Dikatakan Bupati,saat ini di Kabupaten Pekalongan sudah ada 4 Pertadesa yang sudah diresmikan olehnya.

"Karena ini inisiatif dari BUMDes maka ini program bersifat dari bawah,jadi kami pemrintah hanya melakukan dua hal yakni fasilitasi dan regulasinya,regulasinya dari kita kita tata supaya aman bareng,ini bentuk nyata dari cita-cita bersama,"ujarnya.

Menurut Bupati,BUMDes Karangjati menjadi BUMdes andalan Pemkab Pekalongan,karena memiliki banyak kor usaha seperti air minum,wifi dll.

"Jadi sudah 75 persen masyarakat desa karangjati sudah mengakses internet,ini sudah diatas rata-rata nasional....sudah luar biasa...ini menjadi contoh bahwa ketika dana desa dikelola dengan baik dan dimasukkan ke BUMDes,maka output dan outcomenya bisa dirasakan masyarakat,"tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Karangjati Kecamatan Wiradesa,Tiar menuturkan,pihaknya memilih usaha Pertadesa lantaran dirasa pas dengan keadaan.

"Saya memandang diwilayah sini rame,apalagi setelah ada jembatan ini jadi lebih padat.Sedangkan kebutuhan pertalit disini melalui pengecer kan sulit,maka kami menyediakan pertalite,walaupun ada pertamax tapi kami fokus ke pertalite.Selisihnya harga cuma Rp 300 sampai Rp 400  per liternya dengan SPBU,"terangnya.

Disebutkan,pihak desa juga akan mengundang para pengecer bensin diwiliyah sekitar untuk membicarakan hal tersebut,agar para pengecer bensin disekitar lokasi Pertadesa tidak dirugikan.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.