Cuti Bersama,Tempat Wisata Diperkirakan Ramai Pengunjung

(Foto : Rosa Colection)

KAJEN - Memasuki cuti bersama  yakni mulai Rabu (28/10/2020) sampai Minggu (1/11/2020), diperkirakan semua lokasi wisata di Kabupaten Pekalongan bakal ramai.Ada tiga jalur lokasi wisata yang dikhawatirkan rawan terjadinya kemacetan lalu lintas, di antaranya kolan renang Karanganyar, daerah Petungkriyono, dan wisata Linggo Asri, Kajen. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro saat dihubungi wartawan menjelaskan guna mengantisipasi hal itu pihaknya telah mempersiapkannya semaksimal mungkin.


''Utamanya, anggota kami akan selalu standby baik di kantor maupun di sejumlah lokasi wisata. Jika ada hal-hal yang perlu dtindaklanjuti, bisa langsung menanganinya,'' ungkapnya.

Menurutnya,sebenarnya Gubernur Jateng sudah mengimbau kalau bisa selama libur panjang jumlah pengunjung di lokasi wisata tidak terlalu banyak, mengingat saat ini masih ada pandemi covid 19.

"Namun sebagian besar destinasi wisata di Kabupaten Pekalongan saat ini baru kembali dibuka sehingga kasihan apabila ditutup. Makanya saat libur panjang, jajaran Dishub di Kota Santri akan selalu memantau situasi di semua lokasi wisata,"ujarnya.

Terkait tiga jalur yang dianggap rawan kemacetan lalu lintas, Wahyu menjelaskan untuk di kolam renang Karanganyar, meski lokasinya tidak begitu besar namun pengunjungnya lumayan besar.

" Guna mengantisipasi terjadinya kemacetan (di jalan menuju kolam renang karanganyar), anggotanya diminta untuk mengatur lalu lintas setempat,"terangnya.

Sedangkan di wilayah Petungkriyono, dengan kondisi jalan yang sempit, apabila arus kendaraannya padat juga bisa menyebabkan kemacetan,untuk itu pihaknya juga akan mengatur arus lalu lintas diwilayah tersebut.

''Kami akan berusaha mengatur supaya jalan berliku yang menuju ke lokasi wisata di Petungkriyoni arus kendaraannya tetap lancar,''tuturnya.

Adapun,kerawanan kepadatan arus yang ketiga di objek wisata Linggo Asri, terutama di depan pintu masuk.

"Meskipun jalannya lebar, namun pintu masuknya hanya satu arah sehingga terjadi anteran panjang. Upaya yang dilakukan Dishub nantinya menertibkan setiap kendaraan yang akan menuju ke lokasi wisata setempat sehingga tidak terlihat semrawut,"tandasnya.

Ditambahkan,dalam melakukan penertiban arus lalu lintas, pihanya sudah berkoornasi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) maupun pengelola objek wisata. 

"Di samping itu kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti pengamanan dari jajaran Polres Pekalongan supaya suasana di seluruh objek wisata selama libur panjang tetap aman dan nyaman,"pungkasnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.