Libur Panjang, Volume Kendaraan Meningkat


KAJEN - Saat libur panjang akhir Oktober, arus lalu lintas di jalur tol Pemalang-Batang diprediksi mengalami kenaikan volume 15 % hingga 20% dari hari biasa.


Hal itu dikatakan Kasi Pelayanan Lalu Lintas PBTR Nuruddin Zakaria, Selasa (27/10/2020). 


"Peningkatan arus lalu lintas, dikarenakan animo masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik atau sekedar mengunjungi destinasi wisata yang tentunya perjalanan tersebut mereka lakukan dengan perjalanan darat via tol," ujar Zakaria, 


Zakaria mengungkapkan, jalur Tol Pemalang-Batang memiliki panjang ruas 39,2 KM merupakan tol cluster 2 Transjawa. Segala sesuatunya sudah di persiapkan demi kelancaran dan kenyamanan pengguna tol yang hendak menuju ke Semarang maupun ke Jakarta.


"Demi memperlancar kenyamanan jalan tol, pekerjaan perbaikan jalan selesai hari ini (selasa) dan selama long weekend ini tidak ada pekerjaan apapun di mainroad."


"Apabila ada pekerjaan, bisa mengganggu kelancaran arus lalu lintas," ungkapnya.


Selain itu, pihak tol PBTR akan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian seperti Polres Pemalang, Polres Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, Polres Batang, dan Polda Jateng.


"Untuk pelayanan bagi pengguna jalan tol, PBTR telah menyiapkan 3 kendaraan patroli jalan tol yang berobservasi di beat masing-masing, 4 kendaraan derek, dan 2 kendaraan ambulans, semua kendaraan tersebut standby dan siap jalan untuk membantu pengguna jalan yang membutuhkan," tandas Zakaria.


Ia menuturkan, PBTR memiliki 2 gerbang tol yang sudah beroperasi yaitu Gerbang Tol Pemalang di KM 312 dan Gerbang Tol Batang-Pekalongan di KM 341.


Sementara itu, untuk gerbang Tol Bojong sudah dalam tahap akhir konstruksi dan awal tahun 2021 siap beroperasi.


"Untuk saat ini rest area PBTR masih belum beroperasi mengingat masih dalam proses pembangunan, sehingga kami mengimbau apabila pengguna jalan berada di wilayah tol Pemalang-Batang hendak beristirahat ataupun mengisi bahan bakar, bisa terlebih dahulu keluar gerbang tol Pemalang maupun gerbang tol Batang-Pekalongan," tandasnya.


Zakaria juga menghimbau, agar semua pengguna jalan tol selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, lalu pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan fit.


"Apabila mengatuk atau lelah, istirahat di rest area terdekat, dan kurangi laju kecepatan kendaraan saat cuaca hujan. Selain itu, kami selalu mengimbau kepada semua pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, demi menekan angka Covid-19," tambahnya. (Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.