Musim Penghujan Tiba,Waspada DBD



KAJEN - Memasuki musim penghujan,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan,Setiawan Dwiantoro atau akrab disapa Wawan menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).Rabu (18/11/2020).

Lantaran ketika memasuki musim penghujan,seringkali terjadi peningkatan kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Musim hujan harus kita waspadai terkait peningkatan penyakit demam berdarah.Walaupun akhir-akhir ini ada penurunan kasusnya,tapi nyamuknya masih ada sehingga perlu kita waspadai,vektornya masih ada,"ungkapnya.

Dikatakan,masyarakat harus rajin melakukan pemberantaran sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M yakni menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air,menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya,serta mengubur atau memanfaatkan barang bekas yang bisa menjadi tempat penampungan air dan bersarang nyamuk penular demam berdarah. 

"Sehingga perlu kita waspadai untuk tidak menjadi (nyamuknya) berkembangbiak lebih banyak lagi,perlu penikatan PSN ,dan segera laporkan bila ada kasus disekitar wilayah masing-masing agar kita penangannya lebih cepat,"tuturnya.

Selain upaya PSN,Wawan juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan tubuh apalagi dimasa pandemi Covid-19.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.