Kota santri Raih Penghargaan Lomba Hari Habitat Tingkat Jateng



KAJEN – Kabupaten Pekalongan kembali memperoleh penghargaan dalam lomba Hari Habitat Tingkat Jawa Tengah Tahun 2019. Penyerahan hadiah lomba Habitat 2019 dilaksanakan dalam kegiatan Bintek Pemantauan Kawasan Permukiman di Gedung UTC Semarang, Rabu lalu (2/12/2020).

Hadiah diserahkan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah Ir. Arief Djatmiko, MA mewakili Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, M.IP. Dan untuk  Kabupaten Pekalongan diterimakan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Ir. Trinanto AM., M.Si mewakili Bupati Pekalongan.

Dalam lomba tersebut, Kabupaten Pekalongan mengangkat tema “GENTONG HEBAT Dalam Upaya Penanganan dan Pencegahan Permukiman Kumuh Kabupaten Pekalongan” dengan best practice adalah Desa Pecakaran Kecamatan Wonokerto.

Keberhasilan dan inovasi Desa Pecakaran Kecamatan Wonokerto dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan yaitu (1) Membuat tanggul raksasa (long storage) untuk mengatasi rob daerah pesisir; (2) Pengolahan air sungai menjadi air layak minum, kerjasama BKM Rukun Sejahtera dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pekalongan (Unikal); (3) Pengelolaan Sampah; (4) Pemanfaatan sampah organik (Cangkang Keong) menjadi bahan material bangunan; (5) Kegiatan bersih-bersih rutin dalam rangka untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan pola hidup masyarakat bersih dan sehat; (6) Ekonomi kreatif dalam bentuk diversifikasi olahan ikan dengan keterlibatan ibu-ibu Desa Pecakaran yang didampingi langsung oleh TP PKK Kabupaten Pekalongan.

Hadiah dari Lomba Hari Habitat Dunia Tahun 2019 akan digunakan untuk peningkatan jalan di RT 11 Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.