Harga Cabai Meroket,Cabai Dicat Merah Beredar




KAJEN - Beredarnya informasi mengenai cabai rawit yang dicat merah demi meraup untung banyak mengingat harga cabai sedang melambung tinggi,tentu sangat meresahkan konsumen.Untuk itu Kapolsek Kajen Isnovim turun langsung untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Kejan,kemarin.

"'Ini kami dr Polsek Kajen sengaja turun langsung ke Pasar Induk Kajen untuk antisipasi, karena kita tahu banyak cabai yang dicat dan diperjualbelikan ke konsumen. Itu sangatlah merugikan konsumen dan melanggar hukum,"ungkap isnovim.

Dikatakan,pihaknya bersama babinkamtibmas langsung turun ke pasar Kajen untuk memantau apakah ada kejadian seperti itu. 

"Alhamdulillah, dari hasil pantauan di Kajen tidak ada cabai yang dicat. Hanya saja, informasi dari pedagang memang ada kenaikan yang sangat signifikan,"ujarnya.

Disebutkan,dua bulan lalu masih 16 ribu per kilonya. Bulan berikutnya naik ke 45 ribu. Dan sekarang sudah tembus ke 80 ribu per kilonya. 

"Sambil pemantauan cabai, kami juga memantau pedagang kedelai. Memang ada kenaikan. Hanya dua ribu kenaikannya. Namun untuk secara umum stock cabai maupun kedelai masih aman,"terangnya.

Pihaknya menghimbau,agar pedagang memilih stok barang yang bagus dan harus teliti dalam memilih barang yang baru datang.

"Kita pertama imbau kepada pedagangnya, kalau dia dapat stock barang cabai harus benar-benar teliti. Katakanlah, kalau buatan manusia akan kelihatan. Kalau dicat kelihatan,makanya pedagang harus mensortir sebelum dijual ke konsumen,"pesannya.

Kemudian untuk konsumen,pihaknya berpesan agar hati-hati dalam berbelanja dan teliti.

"Untuk masyarakat (konsumen) juga sama, kalau membeli barang harus hati-hati. Jangan sampai keliru dengan cabai yang dicat yang membahayakan kesehatan."imbaunya.

Sementara itu edagang, Dwi Setyowati (40) menuturkan,harga cabai memang mengalami kenaikan.Saat ini cabai rawit merah Rp 80 rb/kg,cabai rawit hijau Rp 60 rb/kg,dan cabai merah Rp 60 rb/kg.

"80 ribu untuk rawit merah,yang lain 60 ribu untuk Rawit Hijau,cabai merah  juga 60 ribu,"katanya.

Menurutnya,kenaikan harga cabai mulai bulan Desember hingga sekarang.

"Harga kemarin pada normal semua, 16 ribu. Kemudian naik segitu. Karena cuaca mungkin, kemudian karena menjelang natal dan tahun baru juga,"sebutnya.

Disebutkan,pihaknya mengambil stock cabai dari temanggung.

"Ambil stock, yang rawit merah dari Temanggung. Kalau rawit hijau lokal biasa, Kalibening misalnya."

Adapun ketika ditanya,apakah pernah dengar ada cabai yang dicat merah?pihaknya menyebutkan disini tidak ada.

"Pernah denger sih, tapi kalau Kajen sepertinya tidak ada,"tandasnya.

Adapun,salah seorang pedagang kedelai Hj.Suirah (65)  menyebutkan pihaknya hanya menjual kedelai impor.

"Sejak satu minggu yang lalu harganya naik.Sebelumnya harganya stabil Rp 9 ribu/kg sekarang Rp 10 ribu/kg,"pungkasnya.(Ros-Nk)


Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.