20 Orang Pengurus PWI Kabupaten Pekalongan Dilantik

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah melantik pengurus PWI Kabupaten Pekalongan, Senin (12/4/2021), di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen. Acara dihadiri oleh Bupati, Ketua DPRD, Forkompimda dan sejumlah OPD serta Ormas.

Usai melantik pengurus PWI Kabupaten Pekalongan, Amir Mahmud, Ketua PWI Jateng dalam sambutannya menekankan, bahwa wartawan khususnya yang tergabung dalam organisasi PWI memiliki dua tanggung jawab, yaitu tanggung jawab sosial dan tanggung jawab kebangsaan.

"secara tersurat memang tidak terdapat dalam kode etik jurnalistik maupun Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, tetapi di kedua aturan itu justru menjadi jiwa atau ruh dari pemahaman kita baik di dalam kode etik jurnalistik maupun undang-undang pers," ucap Amir

Lebih lanjut dikatakan, bahwa para anggota PWI khususnya Kabupaten Pekalongan, agar bisa menjadi wartawan yang profesional. Tidak hanya skil yang mempuni saja, melainkan harus didekati dengan komprehensif dan sikap yang total.

"Jadi kita harus kuat secara teknis dan juga kuat secara etis."

Baca Juga :

Pada kesempatan tersebut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, juga menyampaikan bahwa amanah mulia menjadi seorang wartawan adalah memberikan kabar.

"Dalam ilmu Balaghoh itu pasti ada dua pesan. Yang pertama adalah kabar benar kemudian yang kedua adalah kabar bohong," kata Bupati.

Menurut Bupati, Wartawan itu hanya boleh menyampaikan kabar yang benar. Dan harapannya semua wartawan yang tergabung di PWI Kabupaten Pekalongan dapat menjalankan amanah dengan sebaik mungkin sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang.

"Beritakanlah sesuatu yang memang benar-benar terjadi. Memang diperlukan profesionalitas untuk menyaring antara fakta dan opini dalam rangka mengeliminir rasa subjektifitas," ujar Asip.

Di akhir sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang tergabung dalam organisasi PWI atas kerjasama yang terjaliin baik selama ini.

"Semoga harmonisasi antara pemerintah dan wartawan menjadi sebuah kekuatan untuk membangun Kabupaten Pekalongan."

Penulis : Sigitbram | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan dapat anda dengarkan melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute, Pas Infone |

1 komentar:

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.