Dinperindagkop Kabupaten Pekalongan Bersama Tim Gabungan Sidak Pasar Tradisional, Harga Kebutuhan Pokok dan Stok Masih Aman

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Antisipasi lonjakan harga yang tak wajar jelang lebaran 1442 Hijriah, tim gabungan Pemda dan Polres Pekalongan melakukan sidak dan pengawasan ke sejumlah pasar tradisional seperti pasar induk Kajen,Kesesi dan Sragi.

Dalam sidak yang dipimpin oleh Hurip Budi Riyantini,Kepala Dinperindagkop dan UKM Kabupaten Pekalongan tersebut tim memantau harga sejumlah kebutuhan pokok sehari hari seperti daging, beras, telor, cabai, bawang dan sayuran lainnya.

"Belum ada kenaikan secara signifikan, bahkan ada beberapa harga mengalami penurunan. Untuk harga daging ayam, beras, telur dan lainya masih stabil," kata kepala Dinperindag yang akrab disapa Tining, selasa (27/4/2021).

Dari hasil pantauan, untuk harga daging sapi per kilogram Rp 120 ribu, telur Rp 22.000 per kilogram, gula pasir Rp 12.500, beras Rp 8.500, Daging ayam Rp 22.000/ kilogram.

Lebih lanjut Tining mengatakan, terkait stok kebutuhan pangan jelang lebaran dipastikan masih aman sampai beberapa bulan kedepan.

Baca Juga :

Selain memantau harga, tim gabungan juga memeriksa sejumlah makanan seperti kolang-kaling, tahu,kerupuk terhadap kemungkinan menggunakan bahan pewarna yang berbahaya. Bahkan beberapa makanan kemasan terutama untuk anak-anak juga diperiksa terkait tanggal kadaluarsanya.

Sidak pasar ini rencananya akan dilakukan secara rutin hingga mendekati hari raya Idul Fitri. Adapaun tim gabungan ini meliputi Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Kesbangpol serta dari Satreskrim Polres Pekalongan dan Badan Intelejen Nasional (BIN).

Kepala Dinperindagkop dan UKM berpesan agar masyarakat saat berbelanja selalu berhati-hati dan jeli dalam membeli terutama makanan kemasan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadalursanya. Selain itu diharapkan pula supaya tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan dapat anda dengarkan melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute, Pas Infone |

 

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.