Ternyata Mandi Sehari Sekali Bagus Juga Untuk Kesehatan, Ini Alasannya !

KFM PEKALONGAN - Mandi dua kali sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang, terutama masyarakat Indonesia. Umumnya mandi dilakukan pada pagi hari dan sore atau malam hari. Jika ada teman yang hanya mandi satu kali biasanya akan dicap sebagai orang yang jorok, malas mandi.

Akan tetapi, benarkah jika mandi hanya sekali dalam sehari menjadikan badan kita tidak sehat ?.

Menurut sebuah penelitian satu kali mandi dalam sehari juga baik dan aman untuk tubuh Anda. Dilansir dari klikdokter, dr. Divia Irine Putri mengatakan, pada dasarnya, mandi sekali sehari tidak ada masalah. Misalnya, pada bayi atau lansia yang jarang mengeluarkan keringat.

Akan tetapi beda halnya dengan orang dewasa pada umumnya. Biasanya, mereka membutuhkan mandi dua kali sehari karena tingkat aktivitasnya tinggi.
Belum lagi kalau banyak beraktivitas di luar rumah, bertemu banyak orang, dan jangka waktu lama. Mandi lagi usai tiba di rumah tentu diperlukan.

"Selain orang dewasa yang aktif, anak-anak yang sudah banyak bergerak dan mengeluarkan banyak keringat juga disarankan untuk mandi dua kali sehari," saran dr. Devia Irine.

Mandi pada intinya bertujuan untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain digunakan untuk pencucian dan perawatan rutin, air menawarkan manfaat yang berkaitan dengan pereda nyeri dan pengobatan dalam bentuk hidroterapi.

Di lain sisi, manfaat mandi sekali sehari bisa menghindarkan Anda dari beragam masalah kulit, termasuk kulit kering dan iritasi.

Sabun dan air terutama yang hangat dapat melarutkan lipid di kulit. Menggosoknya saat mandi hanya akan mempercepat proses tersebut. Artinya, semakin sering Anda mandi, makin sering juga kerusakan ini terjadi.

Salah satu gejala yang mungkin sekali terasa adalah perasaan kencang setelah mandi. Itulah tandanya kulit Anda terlalu kering.

" Kalau terlalu sering mandi, akibatnya minyak di kulit akan lebih cepat hilang. Jadi lebih mudah kering kulitnya," 

Kondisi bisa semakin parah kalau Anda punya masalah kulit tertentu. Mandi terlalu sering rupanya bisa memicu timbulnya keluhan.

"Pada orang yang punya masalah kulit, seperti psoriasis atau eksim, terlalu sering mandi malah buat kulit kering. Efeknya, malah bisa memicu gatal."

Akan tetapi, situasi pandemi saat ini tentu berbeda dengan kondisi ideal. Saat pandemi virus corona seperti sekarang, mandi jadi kegiatan wajib setelah beraktivitas di luar. Hal tersebut otomatis akan membuat frekuensi mandi jadi lebih sering.

Kecuali, Anda tidak keluar rumah seharian, maka mandi sehari sekali sah-sah saja untuk dijalani.

Sumber : Klik Dokter
Editor : Tiwi Maharani
Berita Pekalongan dapat anda dengarkan di 103.1 Radio Kfm Pekalongan
Sakpore Dangdute | Pas Infone

1 komentar:

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.