Kodim 0710 dan Polres Pekalongan Bersatu Tanggulangi Bencana Alam

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Memasuki musim penghujan dan sering kali disertai dengan angin kencang di wilayah Kabupaten Pekalongan berpotensi menyebabkan bencana alam seperti longsor, banjir, dan lain-lainnya. Untuk itulah Kodim 0710 bersama Polres Pekalongan bersama-sama mempersiapkan diri mengantisipasi terhadap kemungkinan munculnya berbagai bencana alam. 

Usai muscab PMI dan rapat koordinasi persiapan tanggap bencana di Pendopo Kabupaten, Rabu (27/10/2021), Dandim 0710 Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan mengatakan, menyambut datangnya musim penghujan ini pihaknya telah melakukan beberapa mempersiapkan diantara, lima perahu karet serta posko penanggulangan bencana di tiap kecamatan maupun koramil. Rencananya dalam minggu depan akan dilakukan apel bersama terkait tanggap bencana tersebut. 

"kemungkinan minggu depan kita akan melakukan apel bersama, gelar pasukan dalam rangka menyambut kedatangan bencana alam ini. Kodim akan menyiapkan sekitar 5 perahu karet, dan setiap koramil akan disiagakan petugas, bersinergi dengan Polres dan BPBD," ucap Dandim. 

Ditambahkan oleh Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria, bahwa dalam upaya penanggulangan bencana alam ini pihaknya membentuk satgas bencana, yang mana didalam satgas ini terdiri dari berbagai unsur seperti dari TNI, Polri, PMI, dan BPBD. Tim tanggap bencana inilah nantinya yang akan selalu siap digerakkan manakala terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Pekalongan. 

"Satgas ini nanti yang akan mengkordinasikan adalah pemerintah daerah Kabuapten Pekalongan untuk menjadi satu timlah. Jadi nantinya ada satu tim ini yang siap digerakkan kapan saja," kata Kapolres. 

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, adanya peristiwa tanah longsor dan pohon tumbang di lebak barang yang sempat membuat akses jalan terganggu, dengan sigap hal tersebut segera diatasi oleh satgas bencana sehingga aktifitas masyarakat yang ada di sekitar lebak barang tidak terhambat terlalu lama, pola antisipasi seperti itulah yang diharapkan oleh masyarakat. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio KFM | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.