Pemdes Bondansari Pekalongan Tetap Bangun Gedung Isolasi Meskipun Kasus Covid Menurun

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Meskipun saat ini kasus Covid di Kabupaten Pekalongan sudah tidak ada, akan tetapi bukan berarti baik-baik saja. Pasalnya pandemi Covid yang sedang terjadi sekarang, hingga kini belum bisa dipastikan statusnya berubah menjadi endemi. Atas dasar pemikiran itulah pemerintah desa Bondansari, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, tetap membangun gedung isolasi bagi pasien Covid. 

Saat dihubungi Radio Kfm, Kamis (28/10/2021), Kepala Desa Bondansari, Zaenal Adha menuturkan, ide membuat gedung isolasi itu muncul ketika gelombang Covid naik beberapa bulan lalu, banyak warganya yang terpapar dan harus menjalani isolasi. Saat itu pemerintah desa meminjam tempat bekas gedung sekolah dasar yang kondisinya kurang layak. Dan setelah dilakukan rembug desa, akhirnya disepakati untuk membangun gedung isolasi di atas lahan milik aset desa dengan menggunakan anggaran dana desa sebesar 260 juta rupiah untuk tahap awal. 

"Waktu itu kasus covid kan sedang tinggi-tingginya dan mengantisipasi gejolak lonjakan itu dengan berupaya menyediakan ruang isolasi. Sementara kalau kita tetap pinjam gedung bekas sekolah SD itu kurang memadai. Akhirnya kami dan pemerintah desa berinisiatif untuk membangun ruang isolasi tersebut. penyelesaiannya sesuai dengan anggaran kita kerjakan secara bertahap. Yang kita gunakan di tahun ini dari dana desa 260 juta." 

Dikatakan oleh Zaenal Adha, gedung isolasi itu bangunannya seluas 260 meter persegi dengan daya tampung antara 50 hingga 70 orang. Adapun untuk fasilitas khusus memang belum ada hanya matras saja. Namun jika nanti akan digunakan maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkompeten terkait pemenuhan fasilitas kesehatan yang diperlukan oleh pasien Covid. 

"Kalau fasilitas kesehatan kita nanti kan akan berkoordinasi dengan pihak terkait, sementara hanya ruang isolasi saja. Tapi dibantu dari kecamatan penyediaan matras dan lain sebagainya. namun tentang penanganan kesehatan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama dengan pihak Puskesmas Wiradesa." 

Zaenal Adha meyakini pembangunan gedung isolasi ini tidak akan sia-sia walaupun kini kasus Covid di Kabupaten Pekalongan sudah mereda. Apalagi tidak ada kepastian akhir dari pandemi ini sehingga akan lebih baik jika mengantisipasi dan bersiap diri terhadap berbagai kemungkinan kasus Covid kedepan. 

Disampaikan pula oleh Zaenal, bahwa penanganan Covid harus dilakukan secara komprehensif, karenanya gedung isolasi milik desa Bondansari ini nantinya juga bisa digunakan oleh masyarakat selain warga desanya. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio KFM | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.