Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, BI Tegal Siapkan Rp 4,4 Triliun

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal menyiapkan uang tunai sekitar Rp 4,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat menjelang hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. 

“Untuk menjaga terpenuhinya kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah dan pecahan yang sesuai serta dalam kondisi yang layak edar, terutama menjelang Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, KPw BI Tegal menyiapkan uang tunai sejumlah Rp 4,41 triliun,” terang Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal M. Taufik Amrozi pada Rapat Koordinasi Estimasi Kebutuhan Uang dengan perbankan di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan di Pesonna Hotel Pekalongan, baru-baru ini. 

Taufik mengatakan, di wilayah kerja KPw BI Tegal, kebutuhan uang rupiah di masyarakat selalu mengalami peningkatan. Tren kebutuhan uang rupiah di wilayah kerja KPw BI Tegal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan dengan rasio lebih dari 10 persen pertahun. Selama kurun waktu tahun 2018 sampai dengan 2020, realisasi pemenuhan kebutuhan uang yang diedarkan oleh KPw BI Tegal, meliputi Rp 12,53 triliun pada tahun 2018. Kemudian tahun 2019 sebesar Rp 14,89 triliun dan tahun 2020 mencapai Rp 17,74 triliun. 

Sementara itu, hingga triwulan ketiga tahun 2021, realisasi pemenuhan kebutuhan uang yang diedarkan KPw BI Tegal sebesar Rp 12,407 triliun. Tren permintaan kebutuhan uang (outflow) sangat tinggi terjadi pada momen tahunan seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Selain itu, momen panen raya, pemilu serta kebijakan pemerintah lainnya seperti bantuan sosial dan pemulihan ekonomi nasional. Pada tahun 2020, kebutuhan uang atau realisasi penarikan tertinggi pada Bulan Mei mencapai Rp 2,51 triliun. 

Setelah itu Bulan Desember sebesar Rp 2,02 triliun. Adapun wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal meliputi tujuh kabupaten/kota se-eks Karesidenan Pekalongan. Yakni Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang dan Kota Pekalongan. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.