Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas, Dinlutan Kabupaten Pekalongan Berikan Bintek Untuk Pembudidaya Ikan

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutan) Kabupaten Pekalongan terus berupaya meningkatkan produksi dan nilai produksi perikanan budidaya di Kota Santri. Adapun salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan memberikan Bimbingan Teknis (Bintek) kepada para pembudidaya ikan, dari tanggal 11 november hingga 3 desember 2021di Aula Kantor Dinlutan. 

Dalam Sambutannya saat pembukaan Bintek, Kamis (11/11/2021), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Sirhan menyampaikan, bimbingan teknis ini bertujuan untuk memotifasi para pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Setidaknya ada 310 peserta yang terdiri dari 150 orang pembudidaya ikan air payau dan 160 orang pembudidaya ikan air tawar yang dibagi dalam 7 angkatan. Pada bimbingan teknis tersebut, narasumber yang dihadirkan adalah dari Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, kemudian dari Dinas Kelautan serta Penyuluh Perikanan. 

"Peserta bimbingan teknis sebanyak 310 orang yang terbagi dalam tujuh angkatan sebagai berikut, bintek budidaya air payau sebanyak 150 orang terbagi dalam tiga angkatan, bintek budidaya air tawar sebanyak 160 orang terbagi dalam empat angkatan." ucap Sirhan. 

Lebih lanjut disampaikan, selain bintek, para pembudidaya ikan juga mendapatkan bantuan diantaranya adalah bantuan jalan provinsi sepanjang 211 meter senilai 180 juta bagi kelompok tani Depok Vaname Mas, Kecamatan Siwalan. Kemudian bantuan waring dan bambu senilai 199 juta untuk tiga kelompok yaitu Mina setia budi Desa Api-api Wonokerto, Suter Mas Tiga dan Suter Talang Mas, Desa Depok, Kecamatan Siwalan. 

Sementara itu Wakil Bupati Pekalongan, Riswadi dalam sambutannya mengatakan, bintek ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap para pembudidaya ikan yang berada di wilayah utara. Seperti diketahui bahwa setiap tahun wilayah pesisir utara selalu kedatangan banjir rob sehingga mempengaruhi perekonomian masyarakat. Harapannya, melalui bintek ini bisa menambah wawasan dan ilmu dalam budidaya ikan pada kondisi daerah yang sering terkena rob. 

"Jika sudah tahu ilmunya, coba diterapkan, harapannya kalau budidayanya sukses otomatis ekonomi masyarakatnya juga akan tumbuh." ujar Wakil Bupati. 


Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.