Penuhi Kebutuhan Uang Jelang Lebaran, BI Tegal Siapkan Rp.4,12 T



KFM PEKALONGAN, TEGAL - Guna memenuhi kebutuhan uang masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal mempersiapkan uang Rupiah sebesar Rp 4,12 triliun.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, M. Taufik Amrozy menjelaskan, jumlah tersebut meningkat sebesar 24% dibandingkan kebutuhan uang Rupiah tahun lalu yang mencapai Rp 3,31 triliun.


" Kebutuhan uang tersebut terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar Rp 3,72 triliun, meningkat sebesar 26% dari kebutuhan UPB tahun lalu sebesar Rp 2,95 triliun, sedangkan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) mencapai Rp 398 miliar, meningkat 11% dari kebutuhan UPK tahun lalu sebesar Rp 359 miliar," ujar Taufik saat buka bersama, Rabu (6/4/22).


Peningkatan kebutuhan uang masyarakat tersebut sejalan dengan optimisme pemulihan ekonomi sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat.


" Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum tahunan yang identik dengan tradisi mudik lebaran untuk bersilaturahmi dan bertemu dengan keluarga sekaligus berbagi kebahagiaan dan rizki dengan membagikan uang Rupiah Hasil Cetak Sempurna (HCS) kepada kerabat dan handai taulan. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Clean Money Policy Bank Indonesia untuk menjaga uang yang beredar di masyarakat agar tetap dalam kondisi layak edar," katanya.


Taufik menambahkan, sehubungan dengan hal tersebut, KPw BI Tegal bekerjasama dengan perbankan membuka 60 (enam puluh) titik layanan penukaran uang Rupiah HCS untuk masyarakat di masing-masing kantor cabang bank di wilayah kerja KPw BI Tegal.


" Wikayah itu meliputi Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang," tandasnya.


" KPw BI Tegal bersama dengan perbankan juga akan melaksanakan kegiatan penukaran bersama untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat yang akan dilaksanakan di Jl. Pancasila Kota Tegal (di sekiar Alun-alun)," tambah taufik.

 

Bersama ini pula, KPw BI Tegal mengajak masyarakat untuk meningkatkan awareness terhadap Rupiah melalui gerakan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah. Cinta Rupiah dengan mengenali keaslian uang Rupiah, merawat uang Rupiah, menjaga uang Rupiah dari tindak kejahatan uang palsu serta. Bangga terhadap Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan menjadi salah satu simbol kedaulatan NKRI serta alat pemersatu bangsa. Paham Rupiah dengan mengerti dan memahami peran dan fungsi Rupiah dalam menjaga stabilitas ekonomi melalui sikap bijak berbelanja, berhemat dan berinvestasi yang benar.


Penulis: Nuke





Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.