Wakil Bupati Perkirakan Lonjakan Arus Mudik



KFM PEKALONGAN, KAJEN – Hari raya idul fitri tahun ini diperkirakan akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pekalongan Riswadi, SH dalam sambutanya saat Safari Tarawih Keliling Ramadhan 1443 Hijriyah di Masjid Daruttaqwa, Desa Wonosari, Kecamatan Siwalan, Jum’at (15/4) malam.


“Idul Fitri tahun ini  mungkin akan sangat meriah. Karena sudah 2 tahun sholat Idul Fitri tidak boleh disselenggarakan. Tahun ini sudah diperbolehkan. Mudik pun sudah boleh,” tutur wabup.


Tahun 2022 ini Pemerintah Pusat sudah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, namun ada beberapa ketentuan. 


"Ketentuan tersebut  diantaranya masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis 3 atau booster Covid-19. Sedangkan, bagi masyarakat yang baru mendapatkan vaksinasi dosis 1 Covid-19 harus dapat menunjukkan hasil tes negatif PCR 3x24 jam sebelum perjalanan. Serta bagi  masyarakat yang baru mendapatkan dosis 2 vaksin Covid-19 harus dapat menunjukkan hasil tes antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam sebelum melakukan perjalanan. Aturan tersebut dibuat pemerintah untuk mencegah munculnya gelombang baru penularan Covid-19 usai perjalanan mudik," kata Riswadi.


Pemerintah Pusat memperkirakan mudik tahun 2022 ini akan sangat besar. Akan ada 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor  melakukan perjalanan mudik dan itu hanya di Pulau jawa saja. 


Sebagai upaya antisipasi ancaman munculnya gelombang baru Covid-19 di wilayah Kabupaten Pekalongan, wabup meminta masyarakat tidak lengah dan tetap waspada karena Covid-19 masih ada. Untuk seluruh elemen masyarakat agar segera mlakukan vaksinasi ke-3 atau booster.


“Kita tidak boleh lengah. Yang namanya Corona atau Covid-19  masih ada. Vaksin booster ini adalah syarat mudik dan tidak bayar,” kata wabup. 


Ia berharap masyarakat dapat mendukung program vaksinasi booster yang digalakkan Pemerintah Pusat karena program ini dibuat utamanya untuk kepentingan serta kesejahteraan masyarakat dan tidak ada tujuan untuk mencelakai masyarakat. Oleh karena itu wabup meminta masyarakat percaya sepenuhnya kepada program-program pemerintah.



Penulis : Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.