Jelang Akreditasi, RSUD Kajen Lakukan Survey Simulasi Akreditasi




KFM PEKALONGAN, KAJEN - RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan dalam memenuhi akreditasi telah melakukan berbagai upaya, baik pemenuhan dokumen maupun pemenuhan sarana dan prasarana sesuai dengan standar. Salah satu upaya dalam menuju penilaian akreditasi adalah, dengan melakukan survey simulasi akreditasi, sesuai dengan Permenkes No. 12 tahun 2020, Tentang Akreditasi Rumah Sakit bahwa Akreditasi dilaksanakan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang berasal dari dalam atau luar negeri. 


Untuk itu RSUD Kajen mengajukan survey simulasi (sursim) akreditasi dengan Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARSDHP) sebagai lembaga independen yang melakukan sursim akreditasi.


"Sursim akreditasi di RSUD Kajen dilakukan secara daring tanggal 23 September 2022 dan secara luring tanggal 27-28 September 2022. Ada 2 surveyor dari LARSDHP yaitu dr. Amir Fauzi, MARS dan dr. Sunardo Budi Santoso, Sp.THT.KL, M.Kes yang melakukan survey baik daring maupun luring," ujar Direktur RSUD Kajen dr.Imam Prasetyo M.Kes.


Dalam kegiatan survey simulasi akreditasi ini, RSUD Kajen telah melakukan upaya persiapan, baik berupa dokumen maupun pemenuhan sarana dan prasarana sesuai dengan standar.


"Kami telah melakukan upaya peningkatan mutu sebagai wujud komitmen kami untuk menjaga mutu pelayanan. Sebagai salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan akredtasi sesuai dengan standar kementrian Kesehatan," jelas dr.Imam. 


Pihaknya meminta dukungan kepada semua pihak, sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar sesuai rencana.




Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Dewan Pengawas RSUD Kajen Totok Budi Mulyanto, SE selaku representative pemilik rumah sakit, memberikan support penuh di dalam RSUD Kajen baik materiil maupun non materiil. 


"Hasil penilaian tim surveyor Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARSDHP) adalah cambuk bagi kami untuk terus memacu peningkatan mutu, tidak saja dari sisi kuantitas, tetapi juga kualitas pelayanan. Tidak saja sarana dan prasarana pelayanan, tetapi implementasi penggunaan sarana prasarana yang ada," ucap Totok.


Ketua Akreditasi RSUD Kajen Dwi Harto,S.Kep.Ners, M.M. mengungkapkan, bahwa kegiatan sursim akreditasi ini merupakan rangkaian kegiatan RSUD Kajen dalam rangka persiapan penilaian akreditasi yang akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2022. 


“Kami telah berupaya memenuhi semua elemen penilain sejumlah 796 elemen penilaian, dan kami optimis RSUD Kajen mampu mencapai predikat paripurna,” pungkas Dwi.



Penulis: Nuke

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.