364 Calon Panwascam Ikuti Tes CAT


KFM PEKALONGAN, KAJEN - Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan tes Computer Assisted Test (CAT). Tes diikuti 364 calon pengawas kecamatan (Panwascam), bertempat di SMK Muhammadiyah Karanganyar,  Kabupaten Pekalongan, Jum'at (14/10).

Koordinator Divisi SDM dan Diklat Bawaslu Kabupaten Pekalongan Nur Anis Kurlia menjelaskan, tes CAT adalah salah satu tahapan yang harus dilakukan untuk menjadi calon Panwascam. 

"Setelah tes CAT, mereka yang nantinya dinyatakan lulus, masih ada beberapa tahapan lagi, seperti tes wawancara," jelas Anis.

Dikatakan, untuk peserta ada 364 orang, di antaranya 253 peserta laki-laki dan 111 peserta perempuan.

"Nantinya dari ratusan perserta yang mengikuti tes tersebut yang diambil hanya 6 orang. Akan diambil 6 orang disetiap kecamatan untuk tes CAT ini," katanya.

Menurutnya, kriteria panwascam yang diharapkan yakni yang berkualitas, mempunyai integritas, dan bisa mengawal bersama-sama Bawaslu untuk pemilu 2024.

Anis mengatakan, untuk pengumuman hasil tes CAT ini direncanakan pada tanggal 17 Oktober 2022.

"Semua materi tes CAT ini yang membuat soal dari Bawaslu RI," ujarnya.

Anis menambahkan, tes CAT untuk calon panwascam diselenggarakan hanya sehari dengan dibagi 4 sesi.

"Waktu pengerjaan tes 90 menit. Sesi pertama dari pukul 08.00 WIB, dan sesi terakhir nanti pukul 17.00 WIB," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho, saat meninjau jalannya tes CAT mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu yang sudah melakukan tahapan requitmen calon panwascam.

"Sesuai instruksi dari Bupati Pekalongan, kami dari pemerintah daerah memastikan tahapan-tahapan dari pemilu 2024 berjalan. Sekarang, Bawaslu Kabupaten Pekalongan menggelar tes CAT untuk panwascam," ungkapnya.

Selanjutnya untuk sekretariatan nantinya akan segera dibentuk, guna mengiringi pembentukan panwascam.

"Sekretariatan ini berasal dari PNS-PNS yang ada di kecamatan. Hal itu sebagai peran pemerintah untuk dioptimalkan terus dalam dukungan pemilu 2024," kata Haryanto.




Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.