Operasi Zebra Candi Digelar Selama Dua Pekan


KFM PEKALONGAN, KAJEN - Guna menekan angka kecelakaan lalulintas di wilayah Kabupaten Pekalongan, Polres Pekalongan menggelar Operasi Zebra Candi 2022 yang akan digelar selama dua pekan, yakni mulai 3 sampai 16 Oktober 2022.

Hal itu disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria saat apel gelar pasukan, Senin (3/10). Operasi juga untuk menciptakan masyarakat yang tertib dalam berlalu lintas serta mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

"Operasi zebra ini mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif, serta humanis, didukung dengan kegiatan penegakan hukum secara elektronik dalam rangka meningkatkan simpati dan kepercayaan terhadap polri," tegas Kapolres AKBP Arief.

Kapolres meminta kepada masyarakat agar senantiasa mengikuti aturan lalulintas demi diri kita sendiri.

" Bahwasanya keselamatan itu bukan dari oknum petugas ataupun adanya polisi di jalan, melainkan keselamatan itu dari dalam diri kita sendiri," tegas Kapolres.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan kelengkapan kendaraan, baik SIM, STNK, dan helm SNI.



Terpisah, Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Fitriyanto mengungkapkan, berdasarkan data ada penurunan angka fatalitas kecelakaan lalulintas di Kabupaten Pekalongan.

"Tahun 2020 data kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Pekalongan ada 237 kecelakaan, dan tahun 2021 ada 179 kecelakaan. Semoga, operasi zebra candi ini 2022 ada penurunan lagi," ungkapnya.

Menurut Kasat Lantas, untuk sasaran dalam operasi ini di antaranya, pengemudi yang menggunakan hand phone, pengemudi kendaraan dibawah umur, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan safety belt, pengemudi lawan arus, pengaruh alkohol, dan pengemudi yang melebihi kecepatan.

" Kemudian kendaraan berat yang over dimensi serta kendaraan yang tidak ada kelengkapan surat-surat kendaraannya juga akan kami tindak," pungkasnya.



Penulis: Nuke 

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.