Bapera Kabupaten Pekalongan Lakukan Rehab Rumah Warga Tidak Layak Huni

Ashraff ketua Bapera

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Pekalongan lakukan aksi sosial dengan memberikan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk warga kurang mampu.

Disampaikan oleh Ketua DPD Bapera Kabupaten Pekalongan, Muchtarudin Ashraff Abu, pihaknya mendatangi satu per satu rumah warga yang akan mendapatkan bantuan. Hal itu guna memastikan layak atau tidaknya sehingga tepat sasaran. 

Sejumlah rumah warga yang didatangi dari Bojong Minggir, Desa Sembung Jambu Kecamatan Bojong, Desa legok Gunung Kecamatan Wonopringgo dan terakhir di Kandangserang.

"Saya datang kali ini untuk melakukan pengecekan pantas tidak mendapat bantuan RTLH. Karena kondisi cukup memprihatinkan, saya minta besok ibu diantar Pak Kades datang ke Perkim supaya mendapat pemugaran rumah, " ucap Ashraf saat mengecek rumah warga, Kamis (17/11/2022). 

Selain melakukan kunjungan rumah warga yang butuh bantuan rehab rumah, pada kesempatan itu Bapera Kabupaten Pekalongan juga melihat langsung kondisi rumah yang sudah selesai rehab pembangunan.

"Untuk saat ini alhamdulillah ada rumah yang sudah jadi, salah satu rumah ini (Saidah), sudah jadi dan layak huni ada tiga, " ucap Ashraff.

Ketua Bapera Kabupaten Pekalongan mengaku senang dan respek terhadap Pemerintah Daerah yang cepat dalam merespon kondisi rumah warga yang kurang layak.

"Jadi apapun yang saya sampaikan kepada pihak Pemda cepat responya dan sekarang ini buktinya, " ungkapnya. 

Rehab rumah kurang layak yang dilakukan oleh Bapera Kabupaten Pekalongan tidak hanya melalui program RTLH, namun ormas tersebut  juga membantu beberapa rumah murni atas inisiatif sendiri.

"Teman teman Bapera juga selalu ikut membantu warga tak mampu. Kami juga ikut bantu rehab rumah tanpa membebankan pada orang lain, inilah kami dari Bapera," ujar Ashraff.

Ia berharap masyarakat bisa bekerjasama memberikan informasi yang valid. Apabila Pemda sudah mengetahui infonya selanjutnya akan dilihat dan survei, sehingga kondisi rumah kurang layak bisa cepat ditangani dengan baik. 

Salah seorang penerima RTLH Daiyah (67) Warga Desa Legok Gunung Kecamatan Wonopringgo, dengan didampingi Camat setempat,Tuti Haryati mengungkapkan rasa bahagianya. Iapun terharu karena rumahnya sekarang sudah tidak bocor lagi.

"Saya mengucapkan banyak Terima kasih, dahulu pernah ke sini saat rumah masih rusak. Sekarang suami Bupati Fadia datang dan Alhamdulillah sudah dibantu rehab rumah, " ungkap Daiyah.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.