Sumar Rosul Usul Pemkab Pekalongan Gunakan Dana Bencana Untuk Penanganan Sekolah Terdampak Banjir Rob

sekolah terdampak banjir rob

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Menyikapi kondisi SDN Karangjompo Tirto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Sumar Rosul beri saran agar Pemkab menggunakan alokasi dana bencana. Hal itu disampaikan usai meninjau sekolah SDN Karangjompo, Rabu 16 november 2022.

" Khusus untuk SD yang terkena air, karena bencana, menurut saya itu karena kena banjir ya, sehingga lokasi kelasnya itu sudah tidak bisa difungsikan. Karena itu tergenang tidak pernah surut, sehingga itu masuk kategori bisa kita usulkan  penanganannya pakai dana bencana" jelas Sumar.

Baca Juga :

Dengan alokasi dana bencana, lanjut Sumar Rosul, nantinya permasalahan di sekolah tersebut bisa ditangani meskipun secara darurat. Dengan begitu, setidaknya aktifitas kegiatan belajar mengajar (KBM) dapat kembali berjalan walaupun mungkin belum maksimal. 

Baca Juga :

" Kegiatan belajar mengajar yang sekarang pinjam tempat rumah warga dan kondisinya sangat tidak layak, kemudian kepanasan juga, " ucapnya.

Baca Juga :

Adapun untuk pola penanganannya, yang paling sederhana dan memungkinkan adalah dengan meninggikan sekolah yang terdampak banjir rob itu.

"Paling tidak diuruk pakai tanah, lapisan diberi sirtu ( pasir batu ) kemudian di pelur biar rata dan bisa beroperasi sementara," katanya. 

Sedangkan untuk cara sempurnanya, bisa dianggarkan pada tahun 2023. Sebab jika penanganan sekolah tersebut menunggu tahun depan, maka akan terlalu lama. Kalaupun telah teranggarkan, nanti akan dilelang terlebih dulu di bulan 5, setelah itu dikerjakan dan selesai 100 hari pelaksanaannya, sehingga efektif akan digunakan nanti di Desember 2023. 

"Maka kasihan, KBM 1 tahun. Masa kegiatan belajar itu sudah tidak bisa beroperasi dengan baik. Itu untuk usulan, saya sarankan seperti itu, silakan untuk lebih jelasnya, ketentuannya dikaji secara baik dan benar," pungkas Sumar Rosul.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.