Dinsos Kabupaten Pekalongan Luncurkan Kartu Disabilitas

Dinas Sosial kabupaten Pekalongan

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Guna mendapatkan pelayanan dan hak yang sama tanpa diskriminasi dalam berbagai pelayanan publik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pekalongan meluncurkan Kartu Disabilitas dan Aplikasi Sosial Peduli untuk para penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan. 

Acara diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2022 bertempat di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (05/12/2022).

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan, kartu dan aplikasi ini digunakan untuk mempermudah akses pelayanan bagi para disabilitas di Kabupaten Pekalongan. Mulai dari pelayanan Puskesmas, KTP, Perbankan dan PDAM.

Baca Juga :

"Dari Puskesmas kemudian membuat KTP, terus apapun itulah. Nanti kalau bisa kita mau minta untuk bank atau pembayaran PDAM atau apapun yang kita bisa lakukan," ujar Bupati Fadia.

Menurutnya, terkait fasilitas bagi penyandang disabilitas yang masih sangat terbatas, perlahan akan diperbaiki. Karena jika secara bersamaan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Saat ini baru ada 2 Puskesmas ramah disabilitas, Karangahyar 1 dan Kedungwuni 1.

"Insya Allah nanti setelah ini akan ada beberapa lagi yang kita buat. Khususnya di daerah-daerah atas supaya kalau mereka mau berobat, tidak perlu jauh-jauh turun ke bawah hanya untuk berobat," tutur Bupati Fadia.

Baca Juga :

Di Hari Disabilitas itu Bupati Fadia berharap agar penyandang disabilitas tetap semangat. Karena justru dari teman-teman difabel bisa mengharumkan nama Kabupaten Pekalongan dengan membawa pulang medali emas dan perak.

"Dengan semangatnya Insyaallah mereka tidak akan merasa minder, dan  nanti bisa membawa nama harum Kabupaten Pekalongan," ucapnya.

Pada kesempatan itu Bupati Fadia merasa terharu sekaligus bangga dengan penampilan anak-anak difabel dari sekolah alam dan SLB. Ia juga sangat berterimakasih dengan para guru yang sudah sabar melatih, sehingga bisa menampilkan karya yang luar biasa.

Baca Juga :

"Penampilan tadi luar biasa, saya juga terima kasih kepada gurunya, karena mereka itu dengan sabar kan mau melatih anak-anak kita," imbuhnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pekalongan Yudi Himawan memaparkan, peluncuran kartu disabilitas merupakan bentuk apresiasi dan juga identitas bagi para penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan yang nantinya akan disinkronkan dengan berbagai program Pemkab Pekalongan.

“Dengan kartu disabilitas tersebut teman-teman disabilitas bisa mendapatkan prioritas pelayanan di berbagai pelayanan publik, baik di pemerintahan maupun di sektor swasta yang ada di Kabupaten Pekalongan," kata Yudi.

Kedepan pihaknya akan menjadikan kartu disabilitas dan aplikasi ini sebagai alat untuk menghubungkan dengan program-program yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.