Empat Rumah di Lebakbarang Tertimpa Longsor, Penghuni Berhasil Selamatkan Diri

Empat Rumah di Lebakbarang Tertimpa Longsor, Penghuni Berhasil Selamatkan Diri

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Longsor susulan mengakibatkan empat rumah warga Dukuh Krajan Desa Depok Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan mengalami kerusakan. Adanya musibah itu seluruh penghuni terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabat yang aman.

Hujan deras yang melanda wilayah Lebakbarang pada Selasa sore hingga malam hari menyebabkan longsor pada Selasa (14/2/2023) sekira pukul 17.30 wib. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Penghuni rumah sudah berhasil mengevakuasi diri sebelum terjadinya longsor.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ungkap Camat Lebakbarang Paijal Imron, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga :

Tebing Setinggi 59 Meter di Desa Bodas Kandangserang Longsor

Hingga Rabu siang, belum ada penanganan apapun. Lokasi longsor belum dibersihkan. Warga sudah berencana untuk melaksanaka kerja bakti membersihkan material longsor, akan tetapi ada salah satu warga yang meninggal. Wargapun urung melaksanakan kerja bakti.

"Karena ada kebiasaan dan budaya lokal yang tidak memperbolehkan ada aktivitas bila ada warga yang meninggal," jelasnya. 

Imron menambahkan, kerja bakti kemungkinan akan dilakukan keesokan harinya. Sekaligus menunggu penanganan dari Pemkab Pekalongan. 

Baca Juga :

Polres Pekalongan Sita Puluhan Knalpot Brong

"Tadi dari Polres Pekalongan dan BPBD sudah datang ke lokasi memberikan bantuan ke korban yang rumahnya tertimpa longsor," imbuhnya.

https://www.kfmpekalongan.id/2023/02/polres-pekalongan-sita-puluhan-knalpot-brong.html

Empat rumah yang tertimpa longsor itu milik Rasidi dan Darun. Posisi rumah keduanya berada di atas. Titik longsor tepat di teras dan balkon. Swdangkan dua rumah lain yakni milik Kusnoto dan Suworo rusak parah di bagian dapur. Hal itu karena tertimpa longsoran dari rumah Rasidi dan Darun yang berada diatasnya. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 100 - 150 juta. 

"Untuk sementara, saran dari berbagai pihak, rumah-rumah lain yang berada di bawah harus dikosongkan sampai kondisi benar-benar aman," pungkasnya. 

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.