Polres Pekalongan Sita Puluhan Knalpot Brong

kapolres pekalongan knalpot brong

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Satlantas Polres Pekalongan berhasil menindak puluhan sepeda motor dengan knalpot brong dalam Operasi Keselamatan Candi 2023 selama kurang lebih satu pekan. 

Dari 77 sepeda motor dengan knalpot brong, 33 knalpot langsung disita, dan 44 kendaraan ber knalpot brong. Hal itu mendapat respon positif dari masyarakat. Knalpot brong sangat mengganggu ketertiban dan menimbulkan kriminalitas.

"Melewati seseorang, menarik gas, menggangu dan menimbulkan perkelahian," jelas Kapolres AKBP Arief Fajar Satria saat press release di halaman Satlantas, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga :

Kejari Kabupaten Pekalongan Kembalikan Uang Mafia Pupuk 1,2 Miliar

Hasil operasi keselamatan candi 20023 dari tanggal 07 Febuari sampai hari ini (Rabu, 15/2/2023), Polres Pekalongan telah melakukan beberapa tindakan baik preventif maupun penegakan hukum. Untuk preventif, diantaranya memasang spanduk, pembagian brosur, stiker, videotron, dan sosialisasi besar-besaran. Kemudian secara etle dan pelaksanaan konvensional. 

"Pertama kendaraan tidak menggunakan helm, roda 4, tidak gunakan safety belt, konsumsi alkohol, melebihi kecepatan, pengemudi kendaraan dibawah umur, pengemudi gunakan hp, dan pelanggaran lain," ujarnya.

Baca Juga :

Besi Pembatas Jembatan Kali Wedang Kandangserang Ambrol

Untuk etle sampai dengan tgl 14 Febuari kemarin, sebanyak 906 surat. Penindakan konvensional, berjumlah 505 tilang. Untuk kenalpot brong 77 kendaraan. Untuk overloading, dilakukan peneguran sebanyak 135 dan satu pelanggaran overloading.Total keseluruhan sesuai dengan target operasi sebanyak 2.100.

"Sampai dengan tanggal 20 Febuari, 1411 tilang. Surat pengiriman etle 153," kata Arief. 

Sementara itu, selama operasi keselamatan ini dalam kurun waktu 8 hari ada 4 lakalantas. Dimana seorang pelajar SMP Karangdadap meninggal dunia dalam lakalantas itu. Kapolres mengimbau kepada para Orang tua agar tidak membekali anaknya dengan sepeda motor.

Baca Juga :

Pelaku Tabrak Lari di Jalan Raya Desa Jetak Wonopringgo Akhirnya Tertangkap

"Dalam hal ini saya menghimbau para orang tua bapak/ibu, anda boleh menyayangi dan memanjakan anak-anaknya, tapi sayangi nyawa anaknya," ungkapnya.

Kapolres menambahkan, knalpot yang disita nantinya akan dimusnahkan. Bagi pemilik kendaraan yang masih dibawah umur, saat pengambilan sepeda motot harus dihadiri orang tua, karena akan diberikan edukasi.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.