KPU Kabupaten Pekalongan Sosialisasi Pemilu 2024 ke Pemilih Pemula

KFM PEKALONGAN, KAJEN - Mendekati pesta demokrasi, KPU Kabupaten Pekalongan gencar memberikan sosialisasi Pemilu 2024. Sasaran utamanya adalah pemilih pemula, yakni sekolah, kampus, maupun di pondok pesantren.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal mengatakan, untuk bisa menjangkau pemilih pemula di tingkat SMA sederajat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diminta turun ke sekolah-sekolah. Karena SDM yang ada di KPU Kabupaten Pekalongan sangat terbatas untuk bisa menjangkau 66 SMA/SMK di Kabupaten Pekalongan. 

Baca Juga : KPU Kabupaten Pekalongan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

"Kami tugaskan beberapa kegiatan yang tidak dijangkau KPU seperti sosialisasi ke 66 SMA dan SMK, pastinya kami tidak cukup waktu dan tenaga. Kami harap PPK bisa garap sekolah-sekolah. KPU fokus kampus dan ponpes," kata Abi Rizal, saat Rapat Kerja dengan PPK dan media patner di Wana Wisata Kali Paingan, Rabu (9/8/2023).

Seperti diketahui, dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah pemilih pemula sebanyak 6,2 persen. Mereka tersebar di SMA sederajat, pondok pesantren, dan kampus. KPU Kabupaten Pekalongan merasa perlu memberi porsi lebih kepada para pemilih milenial ini, supaya bisa menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024. 

Baca Juga : Diskon 50 Persen dari PDAM Tirta Kajen Selama Bulan Agustus

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Pekalongan Bidang Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Achyar Budi Pranoto menambahkan, pihaknya menarget angka partisipasi pemilih untuk Pemilu 2024 sebanyak 80 persen. Pada Pemilu 2019 berada di angka 77,5 persen. 

"Ini bukan pekerjaan mudah, sebab itu kami perlu genjot sosialisasi. Baik ke pemilih pemula, lama, sampai disabilitas," tandasnya.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.