Wujud Kepedulian, PDAM Tirta Kajen Pasang Jaringan Air Bersih Untuk Warga Dekat Sumber Mata Air




KFM PEKALONGAN, KAJEN - Sebagai wujud kepedulian terhadap warga di dekat sumber air, Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan memasang jaringan air bersih untuk warga Dukuh Siangkreng, Desa Gutomo, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dukuh Siangkreng berada di dataran yang cukup tinggi, dekat sumber mata air. PDAM Tirta Kajen juga memiliki jaringan pipa dari sunber mata air tersebut. 


Letak Siangkreng yang berada di dataran tinggi itu membuat masyarakat kesulitan air bersih tiap musim kemarau. Menurut tokoh setempat Tarmono, ada 50-an rumah tangga terdampak. Letak sumber air yang sulit dijangkau, membuat warga tidak optimal mengambilnya. Jaraknya sekitar 750 meter ke permukiman.  


"Ini bersyukur dan terima kasih sekali ada bantuan dari PDAM yang memasang sistem jaringan seperti ini. Jadi air nanti bisa mengalir optimal ke rumah-rumah kami," ungkapnya bahagia.


Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Kajen Nur Wachid menjelas


kan, air yang akan dialirkan ke  Siangkreng itu bisa mencapai dua kali lipat dari kebutuhan warga. Hal ini sengaja dirancang agar bisa berkelanjutan.


 "Jadi ketika nanti ada pertambahan penduduk di sana, jaringan itu masih bisa memenuhi," jelasnya belum lama ini. 


Ia menambahkan, bantuan pemasangan jaringan di daerah dekat sumber mata air ini memang menjadi komitmen PDAM Tirta Kajen. Dukuh Siangkreng ini merupakan yang pertama. Nantinya akan diterapkan pula di daerah-daerah lainnya yang mengalaami kasus serupa.


"Daerah-daerah seperti itu memang bukan jangkauan pelayanan kami. Tapi kami rasa harus hadir. Satu per satu. Kami mulai dari sektor tengah, Siangkreng itu, baru nanti ke daerah yang lain," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.