Pemkab Pekalongan Akan Segera Memperbaiki Atap Teras Blok F Pasar Kedungwuni yang Ambrol




KFM PEKALONGAN, KAJEN - Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah menegaskan komitmennya untuk segera memperbaiki atap teras Blok F Pasar Kedungwuni yang mengalami kerusakan pada Sabtu, 17 Februari 2024 lalu. Melalui pernyataan Sekretaris Daerah, M Yulian Akbar, pada Senin, 19 Februari 2024, diumumkan bahwa perbaikan akan segera dilakukan menggunakan mekanisme Mendahului Perubahan Anggaran tahun ini.

Blok F Pasar Kedungwuni, yang dibangun pada tahun 2017 dengan menggunakan dana TP (Tugas Pembantuan), memiliki luas bangunan sebesar 1450,63 meter persegi. Kerusakan terjadi pada bagian atap teras atau selasar, dengan luas sekitar 72 meter persegi. 

"Sementara area yang ambrol ini hanya di bagian atap teras atau selasar, seluas 72 meter persegi," ujarnya. 


Baca Juga: Atap Teras Blok F Pasar Kedungwuni Ambruk


Sekda Yulian Akbar juga menegaskan bahwa ada 37 pedagang yang berjualan di selasar tersebut, yang sementara lapak mereka telah dipindahkan. Namun, pedagang yang berada di dalam gedung Blok F tetap beroperasi karena hasil kajian teknis dari Dinas PU menyatakan bahwa konstruksi di dalam masih aman.

"Hasil kajian teknis dari Dinas PU, untuk konstruksi yang di dalam masih aman," ungkapnya. 

Dari data KFM PEKALONGAN, bahwa ini bukanlah kali pertama atap teras Blok F mengalami kerusakan. Sebelumnya, pada Juli 2020, kanopi sebelah utara mengalami kerusakan, dan pada November 2020, giliran kanopi sebelah barat yang ambrol.

"Sudah tiga kali ini berarti. Kami sedang kaji sebenarnya kenapa atap teras Blok F ini. Akan kami perbaiki, supaya tidak terjadi lagi," imbuhnya.


Baca Juga: Pemkab Pekalongan Tanggung Biaya Pengobatan Pedagang Bekas Terminal Wiradesa Yang Roboh


Selain perbaikan Blok F, Pemerintah Kabupaten Pekalongan juga akan memeriksa kondisi Blok I yang juga mengalami masalah serupa. Meskipun kondisinya saat ini diganjal dengan bambu, perhatian pertama akan diberikan pada perbaikan Blok F.

"Kami sudah minta Dinas PU mengecek semua blok, termasuk Blok I. Tapi prioritas pertama Blok F dulu yang akan kami tangani," tandasnya.

Dengan komitmen yang jelas dari pemerintah setempat, diharapkan perbaikan akan segera dilaksanakan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pedagang serta pengunjung pasar.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.