Arini Harimurti Pastikan Kondisi Pengungsi Banjir

Wakil Bupati Pekalongan Ir.Hj.Arini Harimurti berdialog dengan anak-anak pengungsi korban banjir di Tirto.


TIRTO - Adanya musibah banjir di Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan menggugah hati Wakil Bupati Pekalongan Ir.Hj.Arini Harimurti untuk mendatangi lokasi bencana secara langsung.Kamis (20-02-2020).

Dalam kunjunganya Arini memastikan kondisi para pengungsi dalam keadaan baik.

"Saya kesini memastikan bahwa para pengungsi itu dalam kondisi yang baik, terutama anak-anak dan bisa kita fasilitasi dengan baik" jelasnya.

Untuk saat ini, jumlah pengungsi sebanyak 240 orang dari Desa Pacar Kecamatan Tirto saja. Kalau di tempat lain masih dalam batas batas tidak untuk mengungsi, bisa ditolerir untuk kehidupan mereka.

"Tetapi dari Desa sendiri juga menyediakan. Kemudian dari Pemkab dan Kodim 0710 Pekalongan juga mengirim bantuan logistik kesana yaitu saudara saudara yang tidak sempat mengungsi" imbuhnya.

Lebih lanjut Arini menjelaskan Warga yang di tempat pengungsian sudah mendapatkan logistik dan perlengkapan kesehatan dari Pemkab Pekalongan.

"Untuk yang di tempat pengungsian ini sepenuhnya logistik termasuk perlengkapan kesehatan disediakan oleh Pemkab Pekalongan melalui BPBD" pungkasnya.

Lebih lanjut Ia menegaskan jika langkah awal yang di lakukan dalam menghadapi musibah banjir adalah tanggap darurat terlebih dahulu.

"Yang kita lakukan dalam menghadapi musibah banjir ini adalah darurat dahulu sampai akhir Februari nanti. Dan jika diperlukan, kita perpanjang keadaan darurat itu" tandasnya.

Arini menambahkan, dengan adanya tanggul penahan rob dan long storagenya, mudah mudahan bisa membantu untuk mengurangi bencana banjir. Namun, kali ini benar benar karena curah hujan tinggi sehingga lama surutnya air di beberapa titik di Kabupaten Pekalongan.

"Untuk itu, kami harapkan masyarakat bisa bersabar dalam menghadapi musibah banjir ini" tegas Arini.

Jumlah titik banjir ada di 9 Desa, namun yang paling parah di wilayah Tirto, sementara yang lain belum perlu evakuasi.(NK)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.