Tidak Kenakan Masker,Siap-Siap Dapat Sanksi


KAJEN - Masker sangat penting demi mencegah penularan virus Covid-19,untuk itu bagi yang tidak mengenakan masker akan ditindak tegas.Namun,cara unik dilakukan tim gabungan saat melakukan razia di Terminal Ki Ageng Cempaluk, Kesesi,yakni bagi yang tidak mengenakan masker diberikan sanksi menghafalkan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya,Selasa (21/7/2020)

Tim gabungan tersebut terdiri dari Dinas Perhubungan, Satlantas Polres Pekalongan, BPBD, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP Kabupaten Pekalongan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan,Purwanto mengatakan, sosialisasi ini digelar guna  menekan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Pekalongan.

"Ini merupakan sosialisasi dan edukasi penggunaan masker bagi masyarakat di sektor transportasi. Sasarannya, yaitu pengguna jalan baik kendaraan umum, pribadi, dan sepeda motor yang tidak menggunakan masker," ungkapnya.

Dikatakan,kegiatan ini rencananya akan rutin dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya masker disaat pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan bisa berlanjut sebagai rutinitas.Sehingga, masyarakat benar-benar menjadikan masker sebagai kebutuhan dirinya sendiri,"ujarnya.

Disebutkan,dalam minggu ini, rencananya ada 3 kegiatan yang serupa dan harapannya dengan cara ini masyarakat Kabupaten Pekalongan bisa lebih sadar, tentang pentingnya menaati protokol kesehatan sehingga bisa memutus rantai Covid-19.

"Masih banyak warga yang kurang sadar mengenai penggunaan masker. Nah, kepada mereka yang tidak menggunakan masker kami berikan sanksi edukatif yaitu menghafalkan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya," tuturnya.

Salah seorang warga yang mendapatkan hukuman menghafalkan pancasila,Emah (20) warga Kaliwadas, Kabupaten Pemalang mengaku tidak mengenakan masker karena terburu-buru.

"Iya mas saya tidak menggunakan masker, karena terburu-buru tadi mau mengantarkan adek ke sekolah mengembalikan buku," katanya.

Ia berjanji,kedepan akan lebih mematuhi protokol kesehatan.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.