20 Ribu Benih Ikan Disebar


KAJEN – Sebanyak 20.000 benih ikan disebar oleh Kelompok paguyuban pemuda Desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo  di sepanjang sungai strowbal Desa Wonopringgo, Jum’at pagi (28/08/2020).

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan  Drs. Sirhan, Camat Wonopringgo Tuti Haryati S.,STP beserta forkopimcam, Kades Wonopringgo beserta seluruh perangkat desa, para Kades se Kecamatan Wonopringgo serta para warga Desa Wonopringgo.

"Konsumsi ikan di kabupaten Pekalongan tergolong masih rendah. Per tahunnya hanya sekitar 30 kg. Padahal  rata-rata konsumsi ikan di provinsi  Jawa Tengah  sekitar  50 kg,"ungkap Bupati Asip Kholbihi dalam sambutannya.

Untuk itu,Bupati mengajak warga  Kabupaten Pekalongan mulai gemar mengkomsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai lauk sehari-hari. 

 “Oleh karena itu sangat tepat pemerintah  desa  mengefektifkan saluran ini untuk pemberdayaan  ikan tawar, “ ujarnya.

Menurutnya,kegiatan penyebaran 20.000 benih ikan ini merupakan  swadaya dari paguyuban pemuda  Desa Wonopringgo dan dibantu oleh  Pemerintah desa.

“Tujuannya nanti untuk tempat pemancingan , yang penting dilarang memakai  alat elektronik (setrum),"terangnya.

Ditambahkan,bahwa  aspek penting dari  seluruh desa yang ada di kabupaten Pekalongan  harus diberdayakan terus.

 "Sering saya sampaikan bahwa   hampir seluruh desa punya sumber daya.  Ini adalah sumber daya alam yang dikelola dengan baik, sehingga nanti memberikan  impact untuk kesejahteraan warga  desa, “ paparnya.

Oleh karena itu bupati  mengungkapkan pihaknya mendukung  kegiatan itu dan akan memberikan bantuan juga  nanti akan  menata sungai tersebut supaya lebih bisa punya potensi wisata. 

“ Ini nanti akan menjadi obyek wisata yang menarik minimal untuk lingkup kabupaten, “ imbuhnya. 

Selesai memberikan sambutan, Bupati menebar benih ikan ke saluran sungai diikuti camat Wonopringgo, Kades hingga para pemuda desa  secara bergantian.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.