Cuaca Bagus Untuk Melaut,Harga Ikan Di TPI Wonokerto Normal



KAJEN - Kerusakan jalan menuju TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Wonokerto ,rupanya tidak mempengaruhi harga jual ikan.Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan,Sirhan kepada awak media,Senin (02/11/2020).

"Yang berpengaruh terhadap nelayan adalah kaitannya dengan cuaca,sedangkan pengaruh terhadap bakul adalah kerusakan jalan disebelah utara tanggul,mereka sekarang kesulitan transportasi karena harus melewati jalan yang besar,"ungkap Sirhan.

Sehingga menurutnya,para bakul alias pedagang ikan yang hendak berbelanja ke TPI Wonokerto harus menyewa perahu.

"Mereka sekarang,untuk mencapai daratan sebelah selatan harus menggunakan perahu,sehingga mereka mengeluarkan uang lebih untuk menyewa perahun,"ujarnya.

Dikatakan,yang mempengaruhi harga ikan bukan kerusakan jalan menuju TPI tapi cuaca,lantaran cuaca yang buruk membuat nelayan urung melaut.Namun saat ini,cuaca sedang bagus untuk melaut sehingga harga ikan tetap stabil.

"Kaitannya dengan income  TPI sekarang tidak ada pengaruhnya,karena sekarang cuaca sudah baik.Kalau sebelumnya mulai dari bulan juni sampai bulan oktober kemarin memang pengaruh cuaca tapi sekarang sudah baik,jadi sekarang nelayan bisa mendapatkan ikan secara normal setelah melewati cuaca buruk kurang lebih 5 bulan,"terangnya.

Disebutkan,saat cuaca buruk sejak Juni-Oktober memang jumlah tangkapan ikan pengalami penurunan.

"Meskipun cuaca buruk  mereka tetap melaut,tapi kemarin jumlah ikan memang menurun.Mereka tetap melihat cuaca yang mana yang baik mana yang tidak (untuk melaut),"tandasnya.

Ditambahkan,meskipun jalan menuju TPI Wonokerto rusak,namun aktifitas jual beli di TPI normal,lantaran para pedagang sudah memiliki langganan.

"Mereka kan sudah terbiasa membeli ikan di TPI wonokerto maupun TPI jambean mereka tetap membeli ikan disana,karena sudah langganan,"pungasnya.(Ros-Nk)


Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.