Jalur lama Blok Sibelis Dibuka!


KAJEN - Setelah mengalami kerusakan dan banyak menyebabkan kecelakaan lantaran tanjakannya yang begitu curam,kini jalur lama Blok Sibelis di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran yang sudah ditutup puluhan tahun kembali dibuka karena sudah selesai diperbaiki.

Dalam peresmian pembukaan kembali jalur lama Sibelis, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Jawa Tengah yang sudah menyelesaikan pekerjaan jalan lama Sibelis yang merupakan jalur yang sangat penting.

"Jalan ini menjadi sebuah solusi, karena sebelum adanya jalan ini, memang di sini rawan kecelakaan. Mudah-mudahan, jalan ini bisa awet dan dapat dimanfaatkan, khususnya pengendara dari Kabupaten Pekalongan yang akan ke Kabupaten Banjarnegara.Adanya jalan baru ini, mereka bisa memangkas jarak dan untuk kondisinya jauh lebih baik,"ungkapnya.

Dikatakan,setelah dibukanya jalan baru ini, Dinas Perhubungan akan melengkapi sarana dan prasarananya sepeti rambu-rambu lalulintas, papan informasi, dan lain sebagainya.

"Kami survei dulu untuk menentukan titik mana saja yang perlu diberikan rambu-rambu Tapi ini sudah ada marka jalan atau garis jalan yang kalau malam hari bisa membantu pengguna jala.Setelah jalan ini dibuka, dalam waktu maksimal dua minggu kami akan pasang rambu-rambu lalu lintas," ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pekalongan terkait apakah jalur yang sebelumnya akan tetap dibuka atau jalan lama ini saja.

Sementara itu,Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Sudanang mengatakan,pengaktifan kembali jalur lama itu untuk keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan di jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara.

"Kami kesini dalam rangka pemeriksaan  dan meninjau jalan yang baru selesai dibangun dalam proses serah terima yang pertama,"tuturnya.

Dikatakan,jalur yang sekarang digunakan cukup berbahaya karena memiliki tanjakan yang sangat curam,bahkan sering kali menyebabkan terjadinya kecelakaan.

"Jalur sekarang yang masih digunakan ini untuk tanjakannya sangat curam sekali, terutama untuk kendaraan besar, sehingga membahayakan. Bahkan, sudah sering terjadi kecelakaan di jalur tersebut.Untuk ruas jalur lama yang diperbaiki ini sepanjang 975 meter dan lebarnya 7 meter,"terangnya.

Pihaknya berharap dengan dibukanya jalur lama ini bisa meminimalisir kecelakaan yang ada di wilayah Sibelis.

"Semoga dengan adanya jalan ini akan lebih aman dan nyaman bagi pengendara yang melintas di jalur Pekalongan-Banjarnegara dan tentunya jalan ini akan jauh lebih baik karena tanjakannya relatif landai," tandasnya.

Terpisah, supir truk asal Cirebon Miswan (32) yang membawa herbel menceritakan, bahwa truk yang dikemudikanya tidak kuat menaiki tanjakan Sibelis sebanyak 3 kali.

"Truk saya tidak kuat naik ditanjakan ini karena jalannya sangat terjal sekali.Alhamdulillah, dengan adanya jalan baru ini bisa mempermudah saya mengirim barang ke Kalibening, Kabupaten Banjarnegara," ucapnya.(Ros-Nk)

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.